Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor. (Foto: Dok MC Kalsel/AY)
Nani Suherni

BANJARMASIN, iNews.id - Kalimantan Selatan siap mencatat sejarah dengan menjadi tuan rumah MTQ Nasional kedua kalinya, setelah pertama kali menyelenggarakan MTQ Nasional ketiga di tahun 1970 silam.  launching MTQ Nasional akan rencananya akan digelar hari ini, Kamis (25/8/2022).

Launcing akan dilaksanakan di Mahligai Pancasila disaksikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua DPRD, Kepala Kanwil Kemenag dan Ketua LPTQ seluruh Indonesia.

“Semoga dengan pelaksanaan launching besok, dapat menjadi motivasi, dan semangat lebih bagi kita semua, untuk terus bekerja, mempersiapkan dengan sebaik-sebaiknya, pelaksanaan MTQ Nasional ke-29 yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 sampai dengan 19 oktober 2022,” kata Sahbirin Noor, dikutip dari portal resmi Pemprov Kalsel, Kamis (25/8/2022).

Mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah MTQ Nasional, Sahbirin menilai ini sebagai amanah dan kebanggaan luar biasa. Ini akan dijawab dengan komitmen untuk memberikan yang terbaik, sehingga tidak hanya membuat bangga warga Banua, tetapi juga Indonesia.

“MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 akan diselenggarakan di Kabupaten Banjar, Banjarbaru, Banjarmasin, dengan venue utama di astaka utama Kiram Park,” ucap Sahbirin.

Tidak hanya menjadi ajang lomba Qari dan Qari’ah terbaik negeri ini, berbagai kegiatan pendukung juga dipersiapkan untuk menyemarakan MTQ Nasional XXIX di Bumi Lambung Mangkurat, di antaranya penyelenggaraan MTQ Expo yang dirangkai dengan Kalsel Expo, pawai ta’aruf, malam ta’aruf, serta seminar nasional dan internasional, selain suguhan wisata religi, wisata alam, dan potensi UMKM yang dimiliki.

Dengan segala persiapan matang yang dilakukan, Sahbirin pun berharap Kalsel dapat menjadi tuan rumah yang baik, sukses dalam penyelenggaraan juga prestasi.

“Saya menaruh harapan, para kafilah Kalimantan Selatan, dapat meraih prestasi terbaik di MTQ yang akan diselenggarakan di Banua ini,” kata Sahbirin.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT