Ilustrasi Jadi Gerbang IKN, Kalsel Usul Proyek Transportasi Kereta Api (Foto: Antara)

Fitri menyampaikan, menurut data, penggunaan sepeda motor sebesar 47 persen, mobil pribadi 39 persen, angkutan umum 12 persen dan kendaraan bermotor lainnya dua persen. Penggunaan angkutan umum perlu ditingkatkan sejalan dengan pembangunan infrastruktur.

“Pembangunan insfrastruktur yang berkualitas sangat berkaitan erat dengan visi misi Gubernur Kalsel, wacana transportasi kereta api di Kalsel sangat didukung penuh oleh Gubernur Kalsel bahkan sejak periode pertama beliau menjabat di 2016,” ujar Fitri. 

Fitri menyebut di Kalsel sebelumnya ada kereta api di Kabupaten Kotabaru yaitu di Stagen Kotabaru. Pada masterplan 2012, kereta api di Kalimantan direncanakan ada empat koridor yaitu jalur Palangkaraya menuju Marabahan dan Banjarmasin dengan jarak tempuh 193 km. Kemudian koridor kedua Banjarmasin, Pelaihari, Batakan jarak tempuh 97 km,  koridor ketiga Tanjung ke Banjarmasin, dan koridor terakhir adalah Tanjung ke Kalimantan Timur.

“Paling diharapkan masyarakat yakni jalur Tanjung, Paringin, Barabai, Kandangan, Rantau, Martapura, Banjarbaru dan Bandara Syamsuddin Noor hingga ke Banjarmasin sebagai alternatif jalan raya yang telah ada. Saat ini ada pula jalur alternatif dari Tanjung ke Batulicin. Serta jalur yang berkoneksi dengan IKN yakni Tanjung, Grogot, Balikpapan,” ucap Fitri.


Editor : Nani Suherni

Halaman Selanjutnya
Halaman :
1 2 3
BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network