Ilustrasi kebakaran hutan
Achmad Al Fiqri

JAKARTA, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Kuala berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan seluas tiga hektare di Desa Jambu Baru, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan (Kalsel). Penyebab kebakaran hingga kini masih diselidiki.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, insiden kebakaran itu diketahui pada Minggu pukul 17.42 WITA. Saat itu, BPBD Kabupaten Barito Kuala langsung menerjunkan tim untuk pemadaman dan pendinginan.

Adapun upaya tersebut dilakukan dengan mengerahkan pompa air dan menyemprotkan langsung ke titik api.

"Belum diketahui penyebab pasti terjadinya kebakaran lahan tersebut, namun titik api telah berhasil dipadamkan pada pukul 21.00 WIB," tutur Abdul dalam keterangannya yang dikutip Selasa (23/8/2022).

Lebih lanjut, Abdul berkata, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sepanjang lima tahun terakhir berjalan baik. Data untuk luas karhutla periode Januari hingga Juli 2022 pun turun hingga 19,1 persen.

"Akan tetapi kejadian kebakaran lahan seperti yang terjadi di Barito Kuala tersebut perlu diwaspadai oleh semua pihak. Hal itu sekaligus menunjukkan bahwa potensi ancaman karhutla masih mengintai," ucapnya.

Merujuk data satelit Sipongi milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Abdul berkata bahwa titik api hingga pertengahan Agustus 2022 terpantau di wilayah Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Timur dan Utara. Tak hanya itu, titik api juga terpantau di wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"BNPB mengimbau agar kesiapsiagaan terhadap potensi bencana karhutla, khususnya dalam melakukan patroli dengan koordinasi bersama TNI, Polri, Mangala Agni maupun pihak lainnya harus tetap ditingkatkan," ucap Abdul.


Editor : Nani Suherni

BERITA TERKAIT