Tak Ada Listrik dan Akses Jalan, Puluhan Rumah di Banjar Belum Ditempati Warga

Suhardian ยท Kamis, 03 September 2020 - 16:40 WITA
Tak Ada Listrik dan Akses Jalan, Puluhan Rumah di Banjar Belum Ditempati Warga
Puluhan rumah di Banjar belum ditempati warga karena tak ada akses jalan. (Foto iNews/Suhardian).

BANJARMASIN, INews.id - Bantuan puluhan rumah untuk warga nelayan di Desa Simpang Warga Dalam, Kecamatan Aluh - Aluh, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan masih sepi penghuni. Sebab akses jalan menuju lokasi tidak layak dilewati kendaraan.

Fasilitas listrik dan air bersih di perumahan tersebut juga tidak terpasang. Rumah bantuan Kementerian Perumahan dan Pemukiman yang dibangun sejak 2018 lalu, baru ditempati 10 kepala keluarga (KK).

Salah satu warga Desa Simpang Warga Dalam, Hamidah mengaku sudah sembilan bulan menempati rumah bantuan untuk warga nelayan itu. Warga masih banyak yang belum pindah ke rumah baru lantaran tidak ada listrik dan air bersih.

Akses jalan menuju perumahan menggunakan jalan titian kayu yang dibuat oleh warga.

"Untuk akses jalan memang rencananya mau diperbaiki. Kami sudah melakukan rapat. Secara swadaya patungan untuk perbaikan jalan. Sekian itu kami juga berharap pemerintah segera membantu pemasangan listrik dan air bersih," kata Hamidah di Banjar, Kamis (3/9/2020).

Hamidah menjelaskan, rumah bantuan pemerintah pusat didapat secara gratis untuk warga nelayan yang belum memiliki rumah. Kini warga secara swadaya sepakat mengumpulkan dana Rp5 juta per kartu keluarga untuk keperluan pembelian lahan perumahan, lahan untuk jalan, dan bahan serta pekerjaan pembuatan jalan.

"Karena pemerintah hanya menyediakan rumah, kami warga sepakat patungan untuk membeli lahan dan membuat akses jalan menuju perumahan. Itu memang sudah kesepakatan warga. Rumah ini gratis tanpa biaya lain dengan status Hak Guna Pakai," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat