Sungai Arang-Arang Desa Teluk Masjid Dibersihan, Sampah Kayu Menggunung 

Antara · Senin, 12 Juli 2021 - 15:14:00 WITA
Sungai Arang-Arang Desa Teluk Masjid Dibersihan, Sampah Kayu Menggunung 
Warga bergotong royong membersihkan sungai (Foto: Antara/M Taupik Rahman)

HULU SUNGAI TENGAH, iNews.id - Ratusan warga di Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) dan Haruyan melakukan gotong-royong membersihkan sungai di Arang-arang Desa Teluk Masjid yang menjadi persimpangan kedua wilayah tersebut, Senin (12/7/2021). Tampak sampah kayu menggunung di sepanjang sungai.

Tidak tanggung-tanggung, kedua Camat bersama jajaran Koramil dan Polsek beserta anak buahnya. Para relawan BPBD dan BPK turun langsung membantu membersihkan sungai yang tersumbat tertutup tumpukan sampah kayu-kayu dan batang pohon bambu sepanjang 50 meter pascasungai meluap beberapa waktu yang lalu.

Camat LAS, Aidi Rozain usai terjun langsung ke sungai membantu warga mengungkapkan, sungai tersebut sangat strategis bagi warga kedua wilayah sebagai pendukung pengairan sawah bagi petani.

"Alhamdulillah warga sangat antusias bergotong royong dan aliran sungai bisa lancar tidak tertutup lagi oleh tumpukan sampah," kata Camat.

Dia berharap, mudah-mudahan nantinya warga kedua wilayah khususnya di Desa Tabudarat Hulu, Tabudarat Hilir dan Mahang Baru bisa kembali memanfaatkan air sungai tersebut untuk bertani maupun berkebun.

Akibat banjir beberapa waktu yang lalu, sungai tersebut juga mengalami pendangkalan dan menyempit karena longsor serta sampah. Perlu adanya normalisasi dengan pengerukan sungai untuk waspada luapan dan agar tidak banjir lagi.

Warga setempat, Utuh berharap agar Pemkab HST dapat membantu menganggarkan pengerukan sungai untuk antisipasi banjir dikemudian hari.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: