Soal Mudik, Pemprov Kalsel Tunggu Aturan Resmi dari Kemenhub

Antara ยท Sabtu, 02 April 2022 - 20:57:00 WITA
Soal Mudik, Pemprov Kalsel Tunggu Aturan Resmi dari Kemenhub
Ilustrasi mudik. (Foto: Antara)

BANJARMASIN, iNews.id – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) masih menunggu aturan resmi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait aturan resmi mudik tahun 2022. Seperti diketahui tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik lebaran dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Kepala Dinas Perhubungan (Diahub) Kalsel, Rusdiansyah menyatakan aturan mudik lebaran nantinya mengatur prokes bagi pemudik yang

"Masih menunggu surat resmi dari Kemenhub. Suratnya masih ditunggu," ujarnya, Sabtu (4/3/2022),

"Misalnya apakah harus disyaratkan sudah vaksinasi booster (suntik ketiga) atau harus ada surat tes usap PCR bagi yang belum, ini yang kita tunggu surat resminya dari Kemenhub," lanjutnya. 

Dia pun menyampaikan, untuk terminal di Kalsel sudah siap menyambut gelombang mudik lebaran tahun ini

"Sesuai instruksi Kemenhub pastinya kita jalankan," tuturnya.

Terminal di Kalsel melayani transportasi umum bagi Antarkota Antarprovinsi (AKAP) ke Samarinda , Kalimantan Timur (Kaltim).

Demikian juga untuk jurusan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Saat ini, pemerintah mulai menghidupkan Tetminal Tipe A Gambut Barakat di Kabupaten Banjar untuk titik keberangkatan AKAP dan Antarkota dalam provinsi (AKDP), tidak lagi di terminal tipe B KM 6 Banjarmasin.

Para penumpang yang berangkat dari beberapa titik bisa menggunakan layanan transportasi umum atau trans Banjarbakula ke terminal Gambut Barakat KM 17 tersebut.

Editor : Dita Angga Rusiana

Bagikan Artikel: