Sengketa Pilkada Kotabaru Masuk Tahap Pembuktian di MK

Antara ยท Senin, 22 Februari 2021 - 13:10:00 WITA
Sengketa Pilkada Kotabaru Masuk Tahap Pembuktian di MK
Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

KOTABARU, iNews.id - Sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Kotabaru kini masuk tahap pembuktian di Mahkamah Konstitusi (MK). Kabar ini dilontarkan Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin.

"Kami masih menunggu proses lanjutan di MK, berikut menunggu Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) terkait kelanjutan sidang berikutnya," kata Zainal, Senin (22/2/2021).

Dikatakannya, KPU Kotabaru akan tetap menunggu bagaimana jalannya perkara ini sesuai dengan jadwal dan tahapan yang ada. Zainal menjelaskan, dengan diterimanya permohonan oleh MK, maka tahapan yang kini dijalani adalah Pemeriksaan Persidangan Lanjutan dan Rapat Permusyawaratan Hakim.

Pada kegiatan tersebut mencakup mendengarkan keterangan saksi atau ahli, serta memeriksa dan mengesahkan alat bukti tambahan. Baru kemudian dilakukan Rapat Permusyawaratan Hakim yang isinya membahas inti perkara dan kemudian dilanjutkan dengan pengambiln Putusan.

Diketahui, Kabupaten Kotabaru merupakan satu dari 32 perkara pilkada 2020 yang permohonan PHP-nya diterima oleh MK, selain dua sengketa lainnya di Kalsel yakni Pilkada Gubernur-wakil Gubernur Kalsel dan Pilkada Walikota Banjarmasin.

Sementara 100 permohonan perselisihan pilkada 2020 di Indonesia, dinyatakan ditolak, sehingga secara otomatis menguatkan keputusan KPU masing-masing.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2