Sempat Ditutup, Pasar Hewan Sarang Halang Tanah Laut Kembali Dibuka

Antara ยท Selasa, 24 Mei 2022 - 11:03:00 WITA
Sempat Ditutup, Pasar Hewan Sarang Halang Tanah Laut Kembali Dibuka
Pemerintah Kabupaten Tanah Laut kembali membuka pasar hewan di Kelurahan Sarang Halang, Kecamatan Pelaihari, Senin (23/5/2022). (Foto: Antara/HO-Diskominfo Tanah Laut)

PELAIHARI, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) kembali membuka pasar hewan di Kelurahan Sarang Halang, Kecamatan Pelaihari, Senin (23/5/2022). Pembukaan pasar hewan ini sesuai tahap diskusi dengan sejumlah pihak.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tanah Laut Iwan Persada menerangkan, beroperasinya kembali guna solusi agar perekonomian masyarakat terus berputar.

"Masyarakat kita membutuhkan suplai daging sebagai pelengkap bahan makanan dan memasuki persiapan menyambut Hari Raya Idul Adha nanti. Jadi, kami bersepakat kebutuhan pasar hewan sangat dinanti peternak, sehingga kita buka hari ini," katanya, Senin (24/5/2022).

Kendati demikian, bukan berarti Pemkab Tala tidak mengindahkan kondisi kesehatan hewan.  Malah hal ini, semakin membuat pemerintah meningkatkan kewaspadaan. 

Terbukti, akses keluar masuk pasar saat ini terpantau karena diberlakukan satu pintu. Pembukaan kembali pasar hewan, terang dia, masih dilakukan secara terbatas mengingat adanya penemuan kasus yang menunjukkan indikasi PMK dari Desa Bumi Jaya, Kecamatan Pelaihari. 

Oleh karena itu, seluruh peternakan berasal dari desa tersebut sementara tidak dilibatkan dalam perdagangan di pasar hewan. Namun, pemerintah terus memberikan pendampingan dan pelayanan kesehatan terhadap hewan ternak di sana.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disnakkeswan Tanah Laut menambahkan, pihaknya juga melakukan pengambilan sampel berupa serum darah dan tes swab dari Balai Veteriner Banjarbaru pada ternak sapi yang diperdagangkan.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: