Sejumlah Pejabat Positif Covid-19, Pegawai Pemkab Banjar Dites Swab Massal

Zainal Hakim ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:50 WITA
Sejumlah Pejabat Positif Covid-19, Pegawai Pemkab Banjar Dites Swab Massal
Pegawai Pemkab Banjar menjalani tes swab massal di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda). Selasa (4/8/2020) (Foto iNews/Zainal Hakim).

MARTAPURA, iNews.id - Seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menjalani tes swab massal pada hari ini Selasa (4/8/2020). Pemeriksaan tersebut dilaksanakaan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), Kota Martapura.

Dalam kegiatan itu, satu per satu ASN Pemkab Banjar menjalani tes swab secara bergantian. Mereka dari instansi Dinas Komunikasi dan Informatika, Inspektorat Daerah dan Dinas Perkebunan Peternakan.

"Alhamdulillah kami hari ini dari Diskominfo dapat giliran dites swab, untuk 30 orang. Tolong doa mudahan negatif semua," kata Kadis Kominfo, Aidil Basith usai menjalani swab, Selasa (4/8/2020).

Basith berharap hasil tes swab seluruh pegawai Pemkab Banjar negatif. Namun jika ada dinyatakan positif Covid-19, maka harus isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Sementara Kepala Bidang Penanganan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Banjar, Ahmad Mahmud, menyebutkan tes swab massal sebagai upaya pencegahan virus corona di lingkungan PNS.

"Ditargetkan semua SKPD di swab massal. Untuk tahap awal diharapkan dalam sepekan rampung," ujarnya.

Rencananya sampel hasil swab akan dikirim ke Balai Besar Teknik Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) di Kota Banjarbaru. Hasilnya akan diserahkan kepada SKPD masing-masing.

Sebelumnya, sejumlah pejabat Pemkab Banjar positif virus corona. Di antara pejabat itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Banjar, M Fachri meninggal.

Kepala Dinas Pendidikan Banjar Maidi juga menjalani perawatan di rumah sakit karena positif virus corona. Sedangkan Sekretaris Dinas Kominfo Banjar Mainita Elisnawati yang tengah menjalani karantina dan suaminya meninggal dunia dengan status positif Covid-19.


Editor : Faieq Hidayat