PSBB di Barito Kuala Disetujui Menkes, Pemkab Rumuskan Petunjuk Teknis

Zainal Hakim ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 13:20 WIB
PSBB di Barito Kuala Disetujui Menkes, Pemkab Rumuskan Petunjuk Teknis
Bupati Barito Kuala, Hj. Noormiliyani AS, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Banjarmasin. (Foto iNews.id/Zainal).

BANJARMASIN, iNews.id - Pascaterbitnya persetujuan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan, pemerintah kabupaten setempat akan menggelar rapat teknis untuk merumuskan hal-hal terkait pembatasan yang akan dilakukan.

Bupati Barito Kuala, Noormiliyani AS, menegaskan harus ada petunjuk teknis yang jelas sebelum PSBB diterapkan di wilayahnya agar tidak menimbulkan permasalahan lain di kemudian hari. Terutama untuk memetakan tugas-tugas apa saja di tiap instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan, Satpol PP dan juga aparat kepolisian serta TNI.

Hal ini penting agar tidak terjadi tumpang tindih tugas di lapangan yang berhubungan dengan pembatasan akses masuk keluar masyarakat maupun masalah lainnya.

“Tidak bisa kalau hanya sekadar berbincang terus langsung diterapkan tanpa ada panduan teknis,” kata Bupati Barito Kuala, Noormiliyani AS, Rabu (13/5/2020).

Panduan teknis itu menurutnya harus benar-benar didiskusikan, terlebih terkait pemberian jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak.

Setelah panduan teknis penerapan PSBB dirumuskan, Pemkab Barito Kuala juga memerlukan waktu sosialisasi agar masyarakat tidak terkejut dan menimbulkan kekacauan di lapangan. “Perlu waktu sosialisasi sehabis kita tetapkan panduan teknis ini,” katanya.

Noormiliyani mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Kuala sudah memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak, berupa 20.000 paket sembako.

“Bantuan tersebut sudah diberikan sejak bulan April lalu, bahkan sebelum cairnya bantuan sosial dari pemerintah pusat, baik dari alokasi Dana Desa maupun anggaran dari Kementerian Sosial,” ujarnya.


Editor : Abay Fadillah Akbar