Polisi Tangkap Sindikat Pencuri Motor di Banjarmasin, Pelaku di Antaranya Pasutri

Deny M Yunus ยท Senin, 20 Juli 2020 - 17:12 WIB
Polisi Tangkap Sindikat Pencuri Motor di Banjarmasin, Pelaku di Antaranya Pasutri
Pelaku sindikat pencuri motor di Banjarmasin. Senin (20/7/2020) (Foto iNews/Deny M Yunus).

BANJARMASIN, iNews.id - Polresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan menangkap pencuri motor Abdul Mazid (45), Rabani alias Roni (42), Gunawan alias Bongkeng (35) dan Pitria (20). Keempat pelaku merupakan sindikat pencuri motor yang beraksi selama pandemi Covid-19.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan pelaku Gunawan dan Pitria merupakan pasangan suami istri. Para pelaku sudah mencuri motor di berbagai wilayah di Kalsel.

"Pelaku merupakan sindikat yang sudah lama kita intai," kata Rachmat didampingi Kasat Reskrim, AKP Alfian Tri Permadi, Senin (20/7/2020).

Sindikat ini, kata Kapolresta, tercatat dalam 20 laporan polisi (LP) di wilayah hukum Polresta Banjarmasin, 4 LP di wilayah hukum Polres Banjarbaru, 2 LP di wilayah hukum Polres Banjar dan 2 LP di wilayah hukum Polres Batola.

"Aksi di 20 Tempat Kejadian Perkara, mereka lakukan dalam rentang waktu 3 bulan selama pandemi Covid-19 ini," ujar Rachmat Hendrawan.

Para pelaku mencuri motor dengan menggunakan kunci letter T yang dibuat sendiri. Barang bukti yang diamankan 9 unit sepeda motor.

"Mereka biasanya menunggu dan mengintai korban. Saat korban lengah baru pelaku beroperasi," ujar Alfian.

Usai mencuri, pelaku menjualnya kepada langganan mereka yang berasal dari Provinsi Kalimantan Tengah. "Biasanya motor hasil curian disimpan dulu, nanti ada yang ngambil,"

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara.

Salah satu pelaku, Pitria mengaku, sepeda motor hasil curian itu dijual seharga Rp3 juta per unit. Uang tersebut, kata dia, digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Untuk sehari-hari, banyak yang diongkosi, anak suami dengan istri terdahulu ada 4 orang, saya juga sudah ada 3 anak," katanya.


Editor : Faieq Hidayat