Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Baterai Menara BTS di Kalsel

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 17:48 WIB
Polisi Tangkap Komplotan Pencuri Baterai Menara BTS di Kalsel
Ilustrasi. (Foto Okezone).

BANJARMASIN, iNews.id - Polda Kalimantan Selatan menangkap komplotan pencuri baterai menara Base Transceiver Station (BTS) di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Mereka sudah beraksi di 26 lokasi berbeda.

"Total ada 7 tersangka diamankan, terdiri dari 4 eksekutor dan 3 penadah hasil curiannya," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel Kombes Pol Sugeng Riyadi di Banjarmasin, Jumat (26/6/2020).

Kasus tersebut terungkap berawal dari laporan PT Infratech Indonesia atas hilangnya sejumlah baterai BTS milik perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi tersebut. Kemudian Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel melakukan penyelidikan.

Hasil penelusuran petugas, akhirnya berhasil dibekuk dua pelaku inisial AP dan ZI di Jalan Lintas Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah pada Rabu (24/6/2020). Kemudian berikutnya tersangka PR di Sei Salak, sedangkan Ulin dan BJ di Guntung Manggis, Kota Banjarbaru.

Dari pemeriksaan para pelaku, mereka mengaku barang curian telah dijual ketiga orang penadah yaitu FI, RM dan AK yang diringkus di lokasi berbeda di Banjarbaru.

"Tersangka AP dan PR merupakan karyawan PT Infratech Indonesia yang menjadi otak pencurian. Sedangkan ZI berperan sebagai sopir ketika beraksi," ucap Sugeng.

Kepada petugas, pelaku mengaku mencuri baterai 4 sampai 8 unit per BTS. Barang tersebut dijual seharga Rp200.000 hingga Rp250.000 per unitnya tergantung besar kecilnya ukuran baterai.

"Untuk korban sendiri mengaku mengalami kerugian ditaksir Rp390 juta," kata Sugeng.


Editor : Faieq Hidayat