Polda Kalsel Kerahkan 1.100 Personel Amankan Pilkada 2020

Antara ยท Jumat, 11 September 2020 - 10:29 WITA
Polda Kalsel Kerahkan 1.100 Personel Amankan Pilkada 2020
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Polda Kalimantan Selatan mengerahkan sebanyak 1.100 personel dalam tugas mengamankan Pilkada Serentak 2020. Korem 101/Antasari juga membantu sebanyak 231 prajurit TNI yang nantinya difokuskan pada pengamanan hari pencoblosan 9 Desember.

"Anggota Polda akan membackup kekuatan di Polres yang daerahnya menggelar Pilkada," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta di Banjarmasin, Kamis (10/9/2020).

Untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan, Polda Kalsel telah membentuk Detasemen Tangkal dari Satuan Brimob yang bertugas khusus untuk menangkal berbagai gangguan kamtibmas pada tahapan Pilkada.

Detasemen Tangkal beranggotakan 250 personel terlatih dengan kemampuan khusus, di antaranya anti anarkis, Pasukan Huru-Hara (PHH), kemampuan pengamanan VIP, kemampuan menembak reaksi serta kemampuan bela diri.

"Daerah yang mungkin saja dianggap rawan juga sudah kami petakan. Tentu ada penebalan keamanan di titik itu. Deteksi dini setiap dinamika yang terjadi di masyarakat saya tekankan kepada anggota di lapangan," kata Nico.

Di sisi lain, Pilkada di masa pandemi diingatkan Kapolda agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia mengaku tak segan-segan membubarkan suatu kegiatan jika dianggap mengabaikan upaya pencegahan Covid-19.

"Hari ini pasangan calon sudah deklarasi mematuhi protokol kesehatan di kantor KPU. Jadi, diharapkan komitmen ini dapat dilaksanakan betul," kata Kapolda.

Pilkada serentak 2020 di Kalimantan Selatan digelar di lima kabupaten dan dua kota plus satu Pemilihan Gubernur. Tahapan Pilkada telah melewati pendaftaran pasangan calon dan pemeriksaan kesehatan. Selanjutnya yaitu pengundian nomor urut calon hingga masa kampanye.


Editor : Faieq Hidayat