Pj Bupati Hulu Sungai Utara Buka Seminar Pendidikan Nasional

Sekar Paring Gusti · Selasa, 24 Januari 2023 - 16:49:00 WITA
Pj Bupati Hulu Sungai Utara Buka Seminar Pendidikan Nasional
Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah, membuka secara langsung kegiatan Seminar Pendidikan Nasional untuk para pendidik di HSU. (Foto: dok Pemkab HSU)

HULU SUNGAI UTARA, iNews.id - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah, membuka secara langsung kegiatan Seminar Pendidikan Nasional untuk para pendidik di HSU yang diselenggarakan oleh Yayasan Ihsanul Amal.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan tenaga pendidik se-HSU ini mengambil tema "Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka", bertempat di Aula Kh Idham Chalid, Sabtu (21/1/2023).

Dalam sambutannya saat membuka seminar nasional, Pj Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah menyampaikan kegiatan tersebut sangat penting dilaksanakan untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di HSU.

"Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih banyak atas diselenggarakan kegiatan seminar pendidikan nasional oleh Yayasan Ihsanul Amal yang dimana kegiatan ini teramat penting sekali bagi kami untuk memajukan pendidikan," ujarnya.

Dia menuturkan, seminar pendidikan nasional kali ini merupakan salah satu bentuk nyata dan kontribusi dalam turut serta membangun dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Ini juga bentuk dukungan Yayasan Ihsanul Amal atas sinergritasnya bersama dalam membangun dan mengembangkan kualitas pendidikan, salah satunya melalui peningkatan kualitas serta profesionalitas tenaga pendidik untuk mewujudkan SDM yang berkarakter, cerdas, dan memiliki daya saing tinggi," ucapnya.

Selain itu, pihaknya mengatakan bahwa pada penerapan kurikulum merdeka, pendidik juga dapat mengarahkan para siswa kedepannya untuk mempelajari dan memberdayakan kearifan lokal yang ada.

"Kita banyak memiliki sumber daya alam yang bisa digarap, tinggal para tenaga pendidik ini untuk mengarahkan anak-anak untuk membangun HSU, baik itu bidang pertanian hingga pariwisata. Jika semua ini dijadikan muatan lokal yang dibijaksanai, mungkin akan berkembang menjadi sesuatu yang menarik dan besar manfaatnya bagi anak-anak pada saat penerapan kurikulum merdeka," ujarnya.

Sementara Ketua Yayasan Ihsanul Amal Sukiman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan komitmen Yayasan Ihsanul Amal untuk membantu pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSU untuk mengemban tugas bagi peningkatan mutu serta kualitas pendidikan di HSU.

"Ihsanul Amal sekuat tenaga berusaha bersama aspek yang dimiliki mulai dari tokoh masyarakat, ulama, orang tua, dan SDM yang ada, semuanya kita eksplorasi untuk penyelenggaraan lembaga pendidikan ihsanul amal," tuturnya.

Pihaknya mengharapkan dengan dilaksanakannya seminar pendidikan nasional ini dapat menjadi pembelajaran ataupun pengetahuan terkait kebijakan Kurikulum Merdeka oleh pemerintah pusat melalui kemendikbud ristek.

"Kurikulum merdeka ini adalah kebijakan yang diturunkan dari pemerintah pusat hingga satuan unit pendidikan, menjadi tantangan kita semua untuk mengimplementasikan, maka perlu momen seperti ini untuk berdiskusi, kurikulum ini menjadikan sekolah sebagai tempat yang aman dan menyenangkan untuk belajar, yang menuntun tumbuh kembang sehingga kelak menjadi manusia berakhlak mulia, bertakwa, bermanfaat bagi semua," katanya.

Pada kegiatan seminar pendidikan nasional tersebut, materi tentang Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka disampaikan oleh Ketua Umum Share Edu Indonesia Dr Shobikhul Qisom.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel: