Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, Tito Karnavian: Kampanye Bagikan Masker Boleh

Antara ยท Minggu, 19 Juli 2020 - 07:58 WIB
Pilkada 2020 di Tengah Pandemi, Tito Karnavian: Kampanye Bagikan Masker Boleh
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebut membagikan alat peraga yang berbau kampanye di Pilkada 2020 seperti masker boleh dilakukan. Sebab masker menjadi alat utama mencegah penularan virus corona.

"Sebab menurut penelitian di Jerman kalau semua menggunakan masker, 60 persen kurvanya akan turun," kata Tito di Banjarmasin, Sabtu (18/7/2020).

Mantan Kapolri itu datang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dalam rangka rapat koordinasi kesiapan Pilkada serentak 2020 dan pengarahan kepada Gugus Tugas Covid-19. Dia menyatakan, jangan pisahkan Pilkada dengan Covid-19 ini.

"Jadikan agenda penanganan Cobid-19 sebagai agenda utama Pilkada, maka semua akan berbuat," katanya.

Dia menyoroti masih banyak masyarakat di jalan-jalan tidak memakai masker, meski ada bahaya virus corona. Sehingga masyarakat perlu disadarkan dengan langkah protokol kesehatan yang tepat.

"Kenapa demikian, apakah mereka tak mau atau tidak mampu? Bikin mau dan bikin mampu, bagikan masker dan buat peraturan daerahnya," kata Tito.

KPU, kata dia, akan mengangkat tema Pilkada sebagai menggerakkan melawan virus Covid-19. Semua petugas penyelenggara akan menjadi agen perlawanan Covid-19.

"Caranya, mereka memakai masker, sarung tangan dan lainnya untuk mencontohkan kemasyarakat," ucap dia.

Dia menambahkan, pelaksanaan Pilkada 2020 sebagai momentum menggerakkan penanganan pandemi virus corona. "Pilkada ini momentum menggerakkan para kepala daerah sebanyak 270, para kontestan agar mereka berbuat bagaimana menangani Covid-19 dan dampak sosial ekonominya," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat