Pemkot Banjarmasin Terima Desain Bangunan di Atas Sungai, Begini Bentuknya

Antara · Senin, 01 Maret 2021 - 17:00:00 WITA
Pemkot Banjarmasin Terima Desain Bangunan di Atas Sungai, Begini Bentuknya
PLH Wali Kota Banjarmasin Mukhyar saat menerima desain jembatan bangunan dari Inkokindo Kalsel untuk normalisasi sungai A Yani dan sungai Veteran.(Foto: Humas Pemkot Banjarmasin)

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menerima usulan desain bangunan di atas sungai dari Ikatan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo) provinsi untuk program normalisasi sungai A Yani dan sungai Veteran. Desain tersebut disesuaikan sehingga tidak mengganggu aliran sungai.

Seperti diketahui, sejumlah bangunan rumah toko dan lainnya yang melintang di sungai A Yani dan sungai Veteran ditertibkan. Banyak dari bangunan itu dinilai mengganggu kelancaran aliran air sungai.

Pemkot melalui Satgas Normalisasi Sungai dan Penanganan Banjir memperbolehkan membangun kembali jembatan bangunan rumah toko. Standarnya tidak mengganggu aliran sungai yang dulunya merupakan kanal peninggalan Belanda.

"Hari ini kita menerima desain awal atau prototipe dari Intakindo Kalsel, untuk jembatan bangunan di sungai Jalan A Yani dan Jalan Veteran," ujar Plh Wali Kota Banjarmasin Mukhyar, Senin (1/3/2021)..

Menurut dia, prototipe itu diserahkan langsung Ketua Intakindo Kalsel Nanda Febryan yang langsung diterimanya. Dikatakan Mukhyar, prototipe tersebut nantinya akan dievaluasi lebih lanjut oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Sungai di Dinas PUPR Kota Banjarmasin, untuk kemudian bisa dijadikan sebagai dasar hukum untuk standar pembangunan jembatan bangunan di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Veteran.

"Segerannya kita pelajari, karena ini juga berkejaran dengan waktu untuk mereka bisa membangun jembatan yang dibongkar, jadi sesegeranya kami pelajari lagi dengan tim Satgas PUPR, kemudian nanti kami tindaklanjuti dengan Surat Keputusan Walikota bahwa inilah tipe jembatan bangunan yang harus dibangun di dua titik itu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Normalisasi Sungai dan Penanganan Banjir Kota Banjarmasin Doyo Pudjadi menegaskan, bahwa dengan adanya rancangan standar jembatan bangunan tersebut, menjadi sebuah bukti bahwa normalisasi sungai pasca banjir masih berlanjut, tidak hanya pada saat tanggap darurat.

"Jadi sekaligus menegaskan bahwa dasar ini sebenarnya menguatkan bahwa normalisasi sungai itu terus berlanjut bukan hanya pada saat tanggap darurat, ini yang paling penting, jangan sampai masyarakat menilai seolah-olah berhenti, tidak, tetapi terus berlanjut sampai benar-benar di A Yani dan Veteran jembatannya sesuai dengan rancangan dari Intakindo," ucapnya.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: