Pemkot Banjarmasin Pastikan Terapkan Prokol Kesehatan saat Kurban

Antara ยท Sabtu, 27 Juni 2020 - 17:55 WIB
Pemkot Banjarmasin Pastikan Terapkan Prokol Kesehatan saat Kurban
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat kegiatan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah yang tepat 31 Juli 2020. Rencananya akan ada panduan kegiatan kurban tersebut.

"Perayaan hari raya Idul Adha dengan banyaknya masyarakat yang akan melaksanakan ibadah kurban di masa pandemi Covid-19 ini akan ada pengawasan khusus agar semua mematuhi protokol kesehatan," kata Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Sabtu (27/6/2020).

Dia menyatakan kemungkinan panduan protokol kesehatan dalam rangka kurban dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau pemerintah.

"Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin belum ada lagi membuat, tapi pasti akan ada panduannya," kata Ibnu Sina.

Dia mengatakan ibadah kurban identik dengan terjadinya kerumunan sehingga nantinya harus diatur agar penerapan jaga jarak bisa terlaksana dengan baik.

"Termasuk juga saat pembagiannya (daging kurban) nanti langsung diantar untuk menghindari adanya kerumunan," ujar dia.

Terkait dengan pelaksanaan Salat Idul Adha, kata dia, sampai sekarang belum ada panduan, apakah akan seperti pelaksanaan Salat Idul Fitri yang lalu.

"Apakah kita bisa melaksanakan Salat Idul Adha di masjid atau lapangan, kita lihat nanti kondisinya. Sebab hingga kini penyebaran inveksi virus Covid-19 masih tinggi," katanya.


Editor : Faieq Hidayat