Pemkab Tanah Bumbu Tetapkan 2 Desa Jadi Kampung Tangguh Tanggap Covid-19

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 15:24 WIB
Pemkab Tanah Bumbu Tetapkan 2 Desa Jadi Kampung Tangguh Tanggap Covid-19
Ilustrasi. (Foto: ANTARA).

TANAH BUMBU, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menetapkan dua desa di Kecamatan Kuranji menjadi Kampung Tangguh Banua (KTB) atau kampung tangguh tanggap COVID-19. Langkah itu sebagai upaya memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19).

Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor mengatakan dua desa tersebut yaitu Desa Mustika dan Desa Waringin Tunggal. Desa tersebut menjadi percontohan karena kesigapan tim relawan mampu menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Mendukung program tersebut ada beberapa inovasi penanganan Covid-19, di antaranya menyediakan tempat isolasi mandiri, posko kesehatan, posko siaga bencana, screening room, dapur umum relawan dan lahan ketahanan pangan desa," ucap Sudian di Batulicin, Rabu (17/6/2020).

Untuk sektor ketahanan pangan, kata dia kedua desa ini melakukan ketahanan pangan dalam bidang perkebunan, pertanian dan perikanan air tawar. Selain itu, kedua desa ini juga menyediakan pos singgah bagi warga pendatang.

Bahkan kedua desa ini menyiapkan lahan pemakaman sekaligus relawan yang memakamkan apabila ada warga yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Desa tangguh tanggap Covid-19 merupakan program Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah daerah yang bersinergi dengan TNI dan Polri dalam pencegahan Covid-19 dan kemandirian desa dalam menghadapi pandemi Covid-9.

Bupati Tanah Bumbu menjelaskan, desa tangguh tanggap COVID-19 merupakan langkah pemerintah daerah dalam menekan dan mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

"Mari kita melalui pmenerapkan pola hidup bersih dan sehat sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona," kata Bupati.


Editor : Faieq Hidayat