Pemkab Hulu Sungai Selatan Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup

Antara ยท Senin, 27 Juli 2020 - 18:27 WIB
Pemkab Hulu Sungai Selatan Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup
ilustrasi hewan kurban: iNews.id/istimewa

HULU SUNGAI SELATAN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, memastikan persediaan hewan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah di peternak atau pasar cukup. Kondisi kesehatan hewan kurban juga baik.

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan, Syamsuri Arsyad mengatakan, dari hasil kunjungan diketahui peternak sapi telah menyediakan hewan kurban sesuai dengan jumlah yang dihajatkan masyarakat.

"Sapi-sapi yang disiapkan juga sudah diperiksa dokter hewan dan kondisinya sehat, umur hewan juga cukup sesuai syarat untuk hewan kurban," katanya, Senin (27/7/2020).

Hewan-hewan ini akan didistribusikan peternak ke masyarakat yang sudah membeli, dia menyarankan kalau memungkinkan hari Jumat (31/7/2020) distribusinya, agar tidak terlalu lama sapinya dipelihara masyarakat.

Dia menjelaskan, kunjungan ke peternak menjadi bagian penting untuk memastikan ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha. Selain stok dalam kondisi aman dan cukup, hewan kurban di HSS dipastikan memenuhi telah kriteria kesehatan yang ditentukan.

Kepala Dinas Pertanian Muhammad Noor, menyampaikan saat nanti dilaksanakan pemotongan hewan kurban, akan dilakukan pemeriksaan terhadap organ-organ hewan korban.

"Seperti jantung, hati empedu untuk mengetahui tanda-tanda penyakit menular terhadap manusia, kalau itu memang ada nanti akan kita edukasi bagaimana cara mengatasi dengan memasaknya di atas 100 derajat Celsius," katanya.

Kedua peternakan yang dikunjungi, peternakan sapi milik Harjoko yang berlokasi di Kandangan Barat dengan jumlah kurang lebih 60 ekor. Kemudian Peternakan milik Reza Agus Kurniawan di Parincahan dengan jumlah sapi 30 ekor, dua peternakan sapi itu penghasil sapi terbesar di daerah ini.


Editor : Faieq Hidayat