Pasar Amuntai Dipenuhi Penjual Bunga Luar Daerah saat Lebaran

Anindita Trinoviana ยท Rabu, 13 Juli 2022 - 14:06:00 WITA
Pasar Amuntai Dipenuhi Penjual Bunga Luar Daerah saat Lebaran
Puluhan penjual bunga dari luar daerah menggelar dagangannya di pasar Amuntai sejak menjelang lebaran. (Foto: dok Pemkab Hulu Sungai Utara)

AMUNTAI, iNews.id - Puluhan penjual bunga dari luar daerah mulai berdatangan dan menggelar dagangannya di sekitaran pasar Amuntai. Kegiatan ini merupakan agenda musiman yang dilaksanakan setiap menjelang hari lebaran, salah satunya saat hari raya Iduladha

Hal ini tidak lepas dari kebiasaan masyarakat muslim khususnya yang ada di Hulu Sungai Utara (HSU), di mana menjelang lebaran masyarakat muslim beramai-ramai membersihkan makam keluarga, orang tua, serta makam muslim lainnya dengan meletakkan bunga guna untuk memperindah makam yang akan dikunjungi kembali atau takziah setelah melaksanakan salat lebaran.

Kegiatan berjualan ini telah lama dilakukan, namun hanya sebatas menerima pesanan. Baru beberapa tahun ini mulai berjualan ke luar daerah khususnya HSU. Hal ini dituturkan oleh Syauki, salah satu penjual bunga dari Martapura Kabupaten Banjar.

"Saya mulai Martapura membawa kemang ini dan menjual di Amuntai, namun dalam setahun hanya tiga kali saja," ucapnya.

Lebih lanjut, Syauki menambahkan selama ini dia merupakan generasi ke tiga dalam usaha ini. Bunga yang dijual terdiri dari berbagai jenis di antaranya, mawar, melati, cempaka, dan lainnya.

Adapun bunga yang dijualnya berasal dari kebun sendiri dan juga hasil dari kebun lain di kampungnya yang dia beli. Termasuk, bunga yang dijual di Amuntai.

Selain Syauki, masih banyak para penjual lain yang juga berasal dari Kabupaten Banjar dengan menggunakan mobil. Mereka tiba di Amuntai sejak dini hari dan menggelar jualannya saat pagi hingga siang hari. Selanjutnya, pulang kembali ke Matapura setelah usai berjualan.

(CM)

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel: