Panitia Kurban Idul Adha di Tanah Laut Wajib Tes Swab

Antara ยท Jumat, 24 Juli 2020 - 10:21 WIB
Panitia Kurban Idul Adha di Tanah Laut Wajib Tes Swab
Ilustrasi tes swab. (Foto: iNews.id)

PELAIHARI, iNews.id - Panitia kurban Lebaran Idul Adha 1441 hijriah di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, wajib melakukan tes swab. Tujuannya untuk memastikan panitia tidak terpapar Covid-19.

Bupati Tanah Laut, Sukamta meminta para camat membantu mendata panitia kurban di daerah masing-masing agar bisa mengikuti tes swab.

"Menghadapi Hari Raya Idul Adha, saya harap setiap kecamatan mendata panitia kurban untuk dilakukan swab test guna menjamin panitia kegiatan tersebut tidak terpapar virus corona," katanya, Kamis (23/7/2020).

Menurut bupati, alat uji polymerase chain reaction (PCR) milik Pemkab Tanah Laut segera siap digunakan, sehingga tim medis daerah bisa melakukan tes swab. Hasilnya pun bisa diketahui secara singkat.

Bukan hanya panitia kurban, gugus tugas daerah juga akan melaksanakan tes massal terhadap para pedagang dan pondok pesantren. Selain itu, Sukamta berharap seluruh camat di Tala selalu menyosialisasikan protokol kesehatan di era new normal.

"Angka kesembuhan di wilayah kita saat ini terus meningkat, namun bukan berarti kita tidak waspada," ujar Kamta.

Dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia, Dia juga mengimbau pelaksanaan upacara di desa maupun kecamatan tidak melibatkan banyak orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Peserta upacara tersebut maksimal hanya 30 orang, dan jika ingin melaksanakan kegiatan perlombaan seperti tahun-yahun sebelumnya agar tidak mengumpulkan banyak orang," katanya.


Editor : Faieq Hidayat