Mendekati Peresmian, Revitalisasi MPP Batola Dilakukan Evaluasi dan Peninjauan

Anindita Trinoviana · Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:20:00 WITA
Mendekati Peresmian, Revitalisasi MPP Batola Dilakukan Evaluasi dan Peninjauan
Gelar rapat evaluasi mendekati tahap akhir revitalisasi MPP. (Foto: dok Pemkab Barito Kuala)

BARITO KUALA, iNews.id - Revitalisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Barito Kuala (Batola) mendekati tahap akhir. Seiring itu, jajaran terkait menggelar Rapat Evaluasi, Senin (8/8/2022).

Rapat yang berlangsung di Aula Bahalap Setdakab Batola ini dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Zulkipli Yadi Noor. Kegiatan yang melibatkan pihak rekanan, DPUPR, Bappelitbang, DPMPTSP, Satgas Pelayanan Publik, pengawas pendamping dari Kejaksaan, dan SKPD lainnya ini dihadiri langsung Bupati Noormiliyani AS.

Dalam rapat, dilakukan evaluasi sejauh mana capaian yang telah dilaksanakan, mulai dari progres kumulatif, tahapan yang sudah dan akan dilaksanakan, kendala, tindak lanjut, rencana tindak lanjut, hingga pemenuhan sarana dan prasarana pendukung, serta SDM. Tak cukup sampai di situ, evaluasi juga ditindaklanjuti peninjauan langsung ke lapangan.

Sebelumnya, dalam rapat Sekdakab Batola Zulkipli Yadi Noor mengatakan, target pembangunan MPP paling lambat minggu ketiga Agustus 2022 sudah rampung dan minggu ketiga September 2022 dilakukan pemeriksaan kelengkapan serta penempatan dari DPMPTSP.

Namun sebelum itu, lanjutnya, dilakukan perjanjian kerja sama di minggu kedua September, sekaligus uji coba hingga minggu ketiga Oktober. Sedangkan, peresmian direncanakan dilaksanakan pada sekitaran minggu terakhir Oktober 2022, kendati terlebih dahulu dilakukan verifikasi dari Kemen-PANRB di minggu-minggu terakhir September atau minggu pertama Oktober.

Kadis PUPR Saberi Thannor menuturkan, sampai 2 Agustus 2022 sesuai rencana progres ada di 60,90 persen, namun saat ini penyelesaian sudah mencapai 77,10 persen. Dengan sisa waktu 22 hari sesuai kontrak berakhir 24 Agustus 2022, diyakini semuanya bisa terselesaikan tepat waktu.

Kendati terdapat beberapa kendala, seperti adanya perubahan lokasi musala dan plafon ukir pada area pelayanan yang kemungkinan besar tidak dilaksanakan pada paket kegiatan tahap ini. Selain itu, item-item pekerjaan arsitektural seperti meubelair belum dilaporkan contoh fotonya, di samping belum ada item-item arsitektural yang berada di lokasi kegiatan.

Bupati Batola Noormiliyani AS mengucapkan terima kasih atas capaian pekerjaan yang telah dilaksanakan, kendati dalam situasi anggaran yang kurang menunjang.

Bupati mengakui capaian revitalisasi fisik bangunan sudah memberikan gambaran menggembirakan. Hanya yang perlu dilakukan pembenahan menyangkut keberadaan lingkungan dan halaman depan gedung MPP, baik berupa taman, kelengkapan aksesorisnya, maupun interior penunjang lainnya.

“MPP kita ini keberadaannya sudah strategis, terletak di pinggir jalan. Tinggal bagaimana memoles dan melengkapinya agar mimiliki ciri khas tersendiri sehingga mudah dicari, dan begitu melihat dari kejauhan orang sudah tahu dan mengenalinya,” tuturnya.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengharapkan untuk menjadi perhatian agar jangka panjangnya terus berkesinambungan dan berkembang, bahkan menjadi ikon bagi daerah dan kebanggaan masyarakat.

“Jadi yang perlu kita pikirkan dan menjadi PR semuanya bagaimana ke depan keberadaan MPP ini bisa menjadi keunggulan tersendiri dan kebanggaan masyarakat,” ujarnya sembari menyatakan, mengingat tidak semua kabupaten/kota yang bisa mempunyainya.

Editor : Anindita Trinoviana

Bagikan Artikel: