Masih Zona Merah, Pemkab Tapin Belum Siap Berlakukan New Normal

Antara ยท Jumat, 26 Juni 2020 - 08:25 WIB
Masih Zona Merah, Pemkab Tapin Belum Siap Berlakukan New Normal
Ilustrasi new normal. (Foto: Istimewa)

TAPIN, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan belum siap memberlakukan kehidupan normal baru atau new normal. Sebab kabupaten ini masih berada dalam kategori daerah zona merah Covid-19.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemkab Tapin Said Abdun Natsir mengatakan ada beberapa rumusan atau persyaratan untuk mencanangkan daerah memberlakukan normal baru.

"Yang pastinya karena kita masih kategori zona merah," ujar Said di Tapin, Kamis (25/6/2020).

Menurut dia, syarat untuk memberlakukan normal baru, salah satunya penurunan kasus terkonfirmasi positif corona.

"Di wilayah kita kasusnya malah ada peningkatan, walaupun beberapa pasien sudah ada yang sembuh. Jadi grafiknya masih belum signifikan," kata dia.

Syarat lainnya, kata dia, setidaknya dalam jangka waktu 14 hari atau dua pekan tidak ada penambahan pasien positif baru di daerah ini.

"Saat ini kami dari tim gugus tugas fokus pada imbauan dan patroli. Selain itu juga melakukan sosialisasi pembatasan kegiatan masyarakat," ucapnya.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan sebelumnya juga mengatakan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah masih kurang.

"Kami sudah selalu memberikan imbauan kepada masyarakat, tinggal kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan untuk kebaikan bersama," ujar Arpan.


Editor : Faieq Hidayat