Mahasiswa Indonesia Pukul KO Warga AS

Arif Budianto ยท Senin, 08 Juni 2020 - 14:36 WIB
Mahasiswa Indonesia Pukul KO Warga AS
Tangkapan layar dari video viral seorang pemuda yang diklaim berasal dari Indonesia pukul KO pelaku rasisme di Amerika Serikat (foto: Twitter)

JAKARTA, iNews.id - Video perkelahian mahasiswa Indonesia dengan warga Amerika Serikat viral di media sosial. Mahasiswa tersebut mendapat perlakuan rasial.

Video viral tersebut diunggah akun twitter @Hustle_NBA, Minggu (7/6/2020) malam kemarin. Dalam video tersebut seorang pria kulit putih memprovokasi pria berkemeja hitam. Pria kulit putih terdengar melontarkan kata-kata rasis yang mengancan pemuda tersebut.

Pria kulit putih yang tidak diketahui namanya itu melayangkan tendangan ke arah mahasiswa tersebut. Namun pemuda itu berusaha membela diri.

Keduanya kemudian terlibat perkelahian tepat di zebra cross sebuah persimpangan. Pria berkulit putih roboh terkena pukulan pemuda kemeja hitam.

Menariknya, setelah si pria roboh pemuda itu justru berusaha membangunkannya karena dia terjatuh tepat di depan mobil yang tengah berhenti karena lampu merah.

Video tersebut kemudian disebarkan kembali oleh warganet, salah satunya akun @henrysubiakto yang menyebut pemuda berkemeja hitam itu merupakan mahasiswa asal Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Amerika Serikat.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia telah berkomunikasi dengan perwakilan Indonesia dan komunitas masyarakat Indonesia di Amerika Serikat mengenai insiden tersebut, tetap sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi.

Amerika Serikat tengah dilanda demonstrasi besar-besaran menuntut keadilan bagi warga kulit hitam. Demonstrasi antirasial tersebut dipicu kematian pria afro-america bernama George Floyd yang tewas saat diamankan polisi Minneapolis, Derek Chauvin.


Editor : Faieq Hidayat