Kunjungi Sejumlah Sekolah, DPRD Banjarmasin Awasi PPDB SMP

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 12:15 WIB
Kunjungi Sejumlah Sekolah, DPRD Banjarmasin Awasi PPDB SMP
ilustrasi/sindonews.com

BANJARMASIN, iNews.id - Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dilakukan secara daring. Tujuannya memastikan PPDB berjalan lancar.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali mengatakan pengawasan langsung dengan melakukan kunjungan ke sekolah dan dinas pendidikan untuk memastikan pelaksanaan PPDB secara daring berjalan lancar.

"Jadwal kunjungan mulai hari ini (Selasa, 23/6) turun ke lapangan, kita akan kunjungi juga dinas pendidikan. Kita ingin lihat kemampuan server mereka dalam melaksanakan PPDB secara daring ini," ujar Ali di gedung dewan di Banjarmasin, Selasa (23/6/2020).

Menurut dia, pelaksanaan PPDB secara daring ini banyak belum diketahui orang tua, sehingga Dinas Pendidikan harus bisa memberi arahan dengan baik untuk kelancaran pelaksanaannya. Pemantauan langsung ke sekolah-sekolah tidak hanya di kota namun juga yang ada di pinggiran kota.

Pasalnya, PPDB secara daring ini pastinya memiliki potensi kendala dalam pelaksanaannya di daerah pinggiran kota.

"Bagaimana kelancaran internet di sana, lalu bagaimana jika banyak orang tua yang tidak paham sistem daring ini, harus ada solusinya," kata Matnor Ali.

Dia juga mengaku tidak ingin pelaksanaan PPDB secara daring dianggap menjadi beban yang berat oleh masyarakat, hingga menghambat anak-anak mereka untuk melanjutkan sekolah.

"Memang PPDB secara daring ini harus dilakukan, karena saat ini masih pandemi Covid-19, hingga tidak memungkinkan ada kerumunan di sekolah," kata dia.

Seperti diketahui, pembukaan PPDB secara daring pada tahap awal ini adalah jalur afirmasi dan prestasi mulai 22-24 Juni.

"Jadi ingin kita pastikan juga ini untuk sesuai tahapannya, apa kendalanya," ucap Matnor Ali.


Editor : Faieq Hidayat