Kemenag Kalsel Izinkan Warga Salat Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19

Antara ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 10:36 WIB
Kemenag Kalsel Izinkan Warga Salat Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19
Ilustrasi. (Foto Ist).

BANJARMASIN, iNews.id - Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan mengizinkan masyarakat melaksanakan salat berjamaah Idul Adha 1441 Hijriah di tengah pandemi Covid-19. Alasannya sudah ada panduan salat Idul Adha aman dari virus corona.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel Noor Fahmi mempersilakan masyarakat salat Idul Adha berjamaah di masjid dan lapangan, tapi dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

"Dianjurkan juga, pelaksanaan salat dan khutbah Idul Adha dipersingkat, tentunya tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya," kata Noor Fahmi, Senin (27/7/2020).

Noor Fahmi menjelaskan Surat Edaran Menteri Agama nomor 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban tahun 1441 H/2020 M menuju masyarakat produktif dan aman dari COVID-19, sudah diterbitkan.

Adapun, kata dia, petugas melakukan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan di areal tempat pelaksanaan ibadah. Tempat pelaksanaan lebih dulu dibersihkan dan disemprot disinfektan, membatasi pintu ke luar dan masuk untuk memudahkan pengawasan protokol kesehatan, ada tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh dan jaga jarak.

Menurut dia, perlu dilakukan pengaturan kegiatan dimaksud dengan menyesuaikan menerapkan protokol Kesehatan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19.

Protokol kesehatan, kata dia, diharapkan pelaksanaan sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berlangsung aman sesuai ketentuan agama Islam. Noor Fahmi juga meminta masyarakat tidak meremehkan penyebaran virus corona untuk keselamatan bersama.


Editor : Faieq Hidayat