Kebutuhan Logistik 14.000 Korban Banjir di Tanah Bumbu Terjamin

Antara ยท Sabtu, 15 Mei 2021 - 16:00:00 WITA
Kebutuhan Logistik 14.000 Korban Banjir di Tanah Bumbu Terjamin
Pemda jamin ketersedian pangan dan obat-obatan bagi korban banjir. Foto: Antara

TANAH BUMBU, iNews.id - Kebutuhan logistik untuk 14.000 lebih pengungsi akibat banjir di Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel) terjamin. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah menyiapkan tiga dapur umum di Desa Sungai Danau, Desa Sinar Bulan dan Desa Sungai Danau bagian timur.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Eryanto Rais, memastikan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, untuk menangani para korban banjir tersebut. Kebutuhan bahan pokok dan obat-obatan masih mencukupi.

"Pemerintah daerah juga memastikan tidak ada korban jiwa pada musibah banjir tersebut," kata Eryanto, di Batulicin, Minggu (15/5/2021).

Semua bahan pokok seperti beras, minyak goreng, mie instan, bawang, air bersih, obat-obatan dan lain sebagainya sudah disiapkan pemerintah daerah. Pengungsi bisa mendapatkan segala kebutuhannya di dapur-dapur umum yang telah disediakan.

Sekalipun begitu, Eryanto berharap, perusahaan-perusahaan di Tanah Bumbu mau berkontribusi meringankan beban pengungsi. Hingga saat ini seluruh masyarakat yang terdampak banjir dapat terpantau aman.

Sementara itu, akibat banjir bandang di Kecamatan Satui sejak Kamis (14/5/2021) mengakibatkan 3.891 kepala keluarga atau sekitar 14.433 jiwa ikut terdampak. Hingga saat ini, petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan Tim SAR masih melakukan evakuasi terhadap masyarakat ke tempat dataran yang lebih tinggi akibat masih ada beberapa desa masih terendam air.

Editor : Erwin C Sihombing