Kapolresta Banjarmasin Beri Sanksi Tegas Pelaku Balapan Liar

Antara ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 08:22 WIB
Kapolresta Banjarmasin Beri Sanksi Tegas Pelaku Balapan Liar
ilustrasi motor pembalap liar disita polisi. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan akan memberikan sanksi tegas bagi setiap pelaku balapan liar. Semua jajaran polsek sudah diperintahkan untuk menindak tegas bagi pelaku balapan liar.

"Kami akan berikan sanksi pidana atau denda bagi mereka yang melakukan balapan liar di kota seribu sungai ini," ucap Rachmat, Senin (29/6/2020).

Balapan liar di kota ini, menurut Kombes Rachmat sudah tidak bisa dibiarkan lagi karena banyak keluhan masyarakat. Apabila ada laporan soal aksi tersebut, kepolisian akan langsung turun ke lapangan dan mengamankan mereka semua untuk diberikan sanksi.

"Saya tidak main-main kalian berbuat onar di jalan kami tindak tegas dan ini demi keselamatan masyarakat. Sesuai kata Kapolri, Salus Populi Suprema Lex Esto atau keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi," kata dia.

Bukan itu, sebagai upaya pencegahan, orang nomor satu di jajaran Polresta Banjarmasin juga memerintah kepada Polsek jajaran untuk membuat spanduk dan baliho terkait imbauan larangan balap liar.

Baliho itu nantinya akan mencantumkan poin-poin terkait sanksi pidana atau denda bagi para anak muda yang masih berani dan nekat menggelar aksi balap liar.

Dia juga mengatakan dari data yang ada sebagian besar pelaku balap liar merupakan anak di bawah umur dan sebagian bukan warga Banjarmasin. Selain itu mereka sangat mengabaikan imbauan pemerintah untuk mentaati protokol kesehatan.

"Saat di luar rumah, mereka sebagian besar tidak memakai masker sehingga berpotensi sekali terjadi penyebaran atau terpapar Covid-19 di antara mereka sendiri," ujar Kapolresta.

Dia berharap pencegahan balap liar itu mendapat dukungan dari para orang tua untuk mengawasi kegiatan anaknya.

"Kami ingin para orang tua lebih bisa mengawasi anak-anak mereka agar bisa sebagai kontrol. Sayangi anakmu jangan sampai apabila terjadi apa-apa baru menyesal seperti kecelakaan hingga meninggal dunia. Sebelum itu terjadi maka perhatikan kegiatan anak saat di luar," katanya.


Editor : Faieq Hidayat