Kapolda Kalsel Kedepankan Preventif dalam Cegah Karhutla

Antara ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 15:49 WITA
Kapolda Kalsel Kedepankan Preventif dalam Cegah Karhutla
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta mengecek Pos Operasi Ketupat Intan 2020. (Foto: Antara)

BANJARBARU, iNews.id - Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Nico Afinta akan mengedepankan upaya preventif aktif dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Personel juga mulai meningkatkan sosialisasi dan patroli dialogis.

"Mulai sekarang saya perintahkan anggota rajin temui masyarakat seperti kelompok tani, sektor perkebunan dan sebagainya agar diingatkan bahaya karhutla," kata Irjen Nico di Banjarbaru, Jumat (12/6/2020).

Dia menjelaskan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dilaksanakan secara bersinergi dengan mengerahkan aparat menjadi upaya pencegahan dini karhutla.

"Langkah pencegahan harus diikuti dengan upaya mengajak seluruh elemen masyarakat melaksanakan pengawasan dengan patroli rutin dan terjadwal ke daerah-daerah yang kemungkinan rawan terjadinya kebakaran lahan," kata dia.

Sedangkan dalam langkah penanggulangan, Polda Kalsel pun telah menyiapkan personel dan sarana prasarana untuk membantu pemadaman api jika sampai terjadi.

Nico berharap personelnya dapat berinovasi baik dalam pencegahan maupun penanggulangan. Seperti para Bhabinkamtibmas dengan motor dinasnya yang telah dimodifikasi untuk penyemprotan.

"Masyarakat juga bisa menggunakan Aplikasi Bekantan milik Polda Kalsel sebagai peran aktif dalam upaya deteksi dini mencegah dan menanggulangi karhutla," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat