Jokowi Soroti Harga Bawang Merah dan Gula Melonjak di Tengah Pandemi Corona

Felldy Utama ยท Rabu, 13 Mei 2020 - 15:08:00 WITA
Jokowi Soroti Harga Bawang Merah dan Gula Melonjak di Tengah Pandemi Corona
Presiden Joko Widodo. (Foto Ist).

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti harga bawang merah dan gula pasir yang melonjak tinggi di tengah pandemi virus corona. Bahan pokok tersebut masih diatas harga acuan.

Jokowi mengatakan saat ini harga bawang merah di level nasional rata-rata masih di angka Rp51.000. Sedangkan harga acuan bawang merah Rp32.000.

"Masih jauh dari harga acuan bawang merah yaitu Rp32.000," kata Jokowi saat memberikan pengantar pada rapat terbatas (ratas) secara virtual seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Kabinet, Rabu (13/5/2020).

Selain itu, Jokowi mengatakan saat ini harga gula masih berkisar Rp17.000 sampai Rp17.500. Padahal, Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500.

"Oleh sebab itu saya ingin ini dilihat masalahnya ada di mana, urusan distribusi atau memang stok yang kurang, atau memang ada yang sengaja permainkan harga untuk sebuah keuntungan yang besar," ujarnya.

Jokowi meminta para menterinya untuk mengecek secara langsung apa yang terjadi di lapangan sehingga menyebabkan harga bawang merah dan gula pasir melonjak tinggi.

"Saya minta dicek di lapangan, dikontrol sehingga bisa terkendali masyarakat bisa menaikkan daya belinya," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat