Jokowi Ingatkan Polri Waspadai Ancaman Stabilitas Jelang Pilkada 2020

Irfan Ma'ruf ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 14:19 WITA
Jokowi Ingatkan Polri Waspadai Ancaman Stabilitas Jelang Pilkada 2020
Presiden Jokowi saat menyampaikan amanat dalam upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Rabu (1/7/2020). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo mengingatkan Polri harus tetap menjalankan agenda strategis di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya Pilkada serentak pada Desember 2020.

"Potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga harus diwaspadai terutama jelang pelaksanaan Pilkada 2020 di bulan Desember," ucap Jokowi di Istana Negara, Jakarta (1/7/2020).

Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta. Upacara itu disaksikan jajaran Mabes Polri, 34 Polda, dan 493 Polres di seluruh Indonesia secara virtual.

Menurut dia, tantangan yang dihadapi Polri semakin berat dan kompleks. Mulai kejahatan lintas negara hingga kekayaan negara.

"Saya ingatkan Polri akan hadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks. Mulai dari kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontijensi, dan kejahatan terhadap kekayaan negara," kata Jokowi.

Dia menilai, tugas Polri tidak hanya menjaga keamanan pemilu seperti yang dilakukan pada Pilkada 2017 dan Pemilu 2019. Polri juga harus menjamin ketertiban masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan saat pemungutan suara.

"Tugas yang sama pernah dilakukan pada Pilkada 2017 dan Pemilu 2019, kali ini harus jaga protokol kesehatan. Saya tahu tugas ini tidak mudah, tapi saya yakin Polri-TNI serta penyelenggara dan pengawas pemilu akan mampu menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat