Ini Syarat Pasutri Bisa Cepat Dapat Momongan

Siska Permata Sari ยท Sabtu, 18 April 2020 - 00:33:00 WITA
Ini Syarat Pasutri Bisa Cepat Dapat Momongan
Pasutri harus menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat agar lekas dapat momongan. (Foto: Ilustrasi AFP)

JAKARTA, iNews.id – Pasangan suami-istri (pasutri)yang baru menikah selalu ingin cepat mendapatkan momongan. Agar berhasil, mereka pun harus menjaga kesehatan dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi.

Tentunya dalam hal ini, makanan yang sehat dan mengandung vitamin serta mineral tertentu harus dipenuhi, baik untuk kaum pria dan wanita. Hal tersebut diungkapkan Dokter Spesialis Gizi Klinik RSU Bunda Jakarta dr Marya Haryono, SpGK.

“Asupan makanan yang harus ditingkatkan adalah mengonsumsi bahan makanan yang sesuai atau mendukung program kehamilan. Mengonsumsi gizi seimbang, lalu utamakan makanan yang mengandung protein tinggi,” kata Dr Marya dalam teleconference ‘Promildirumahaja’ bersama Morula IVF Indonesia, Kamis (16/4/2020).

Selain berprotein tinggi, dia juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh, antioksidan, asam folat, zat besi, zinc, vitamin E, vitamin B, dan selenium.

Namun sebaliknya, ada juga makanan-makanan yang harus menjadi pantangan baik dari calon ibu hamil maupun calon ayah. Di antaranya makanan dengan lemak jenuh, karbohidrat simpel, terlalu banyak kafein, dan alkohol.

“Secara garis besar, yang perlu dihindari adalah makanan yang memiliki lemak jenuh, karena jumlah lemak yang banyak dapat mengganggu hormon. Kemudian merokok, itu juga dapat mengganggu sel sperma dan sel telur,” katanya.

Lebih lanjut, dia juga menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti tepung, kemudian makanan tinggi gula, kafein, dan alkohol.

“Makanan lemak tinggi itu tidak hanya makanan yang digoreng, tapi bisa juga makanan yang menggunakan santan. Walau ada sisi baiknya dari santan, tapi dia mengandung lemak tinggi. Kemudian, karbohidrat tinggi juga hindari, misalnya makan nasi terlalu banyak, roti terlalu banyak, dan kombinasi yang bikin double karbo, seperti makan nasi, kentang dan mie,” ucapnya.

Editor : Tuty Ocktaviany

Bagikan Artikel: