Ingat, Calon Pengantin Wajib Periksa Kesehatan 3 Bulan Sebelum Pernikahan

Nani Suherni · Selasa, 28 Juni 2022 - 17:11:00 WITA
Ingat, Calon Pengantin Wajib Periksa Kesehatan 3 Bulan Sebelum Pernikahan
Ilustrasi pernikahan (Foto: Garakta Studio)

TABALONG, iNews.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan KB Tabalong merangkul pihak terkait untuk berkomitmen dalam pendampingan konseling dan pemeriksaaan kesehatan tiga bulan pranikah. Langkah ini untuk memberi pemahanan yang sama tentang kesehatan calon pengantin sebelum memiliki anak nantinya.

Kegiatan ini pun ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama yang melibatkan Dinas Kesehatan, Kantor Kementerian Agama, serta camat dan kepala kua seluruh kecamatan di Tabalong,  kegiatan ini turut disaksikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani bersama wakilnya Mawardi.

Melalui komitmen bersama ini semua pihak terkait diharapkan memiliki pemahaman yang sama terkait pemberian pendampingan serta pemeriksaaan kesehatan bagi calon pengantin. Bupati Anang pun mengatakan aksi ini merupakan sinergi dalam pencegahan stunting di Tabalong.

"Saya memberikan apresiasi terhadap kegiatan pada hari ini dan mou ini penandatanganan komitmen ini skealigus sebagai pernyataan kita untuk bersama sama mensukseskan program ini, nah tentu perannnya berbeda ya, tapi tujauan kita sama menurunkan stunting,” kata Anang Syakhfiani, dikutip dari portal resmi Pemkab Tabalong, Selasa (28/6/2022).

Melalui komitmen bersama ini Kemenag wajib menginformasikan, mengimbau dan memastikan calon pengantin khususnya perempuan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Nantinya petugas harus memastikan status kecukupan gizi mereka, meliputi tinggi dan berat badan, lingkar lengan atas, serta kadar hemoglobin.

Jika ditemukan calon pengantin yang kurang gizi atau anemia maka akan dilakukan pendampingan dan pembinaan oleh pihak terkait agar saat hamil dalam kondisi sehat dan melahirkan anak yang sehat. 

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: