Guru Berstatus ASN Tak Boleh Asal Ajukan Mutasi, Ini Aturan yang Berlaku

Nani Suherni ยท Rabu, 27 Juli 2022 - 12:47:00 WITA
Guru Berstatus ASN Tak Boleh Asal Ajukan Mutasi, Ini Aturan yang Berlaku
Ilustrasi guru aparatus sipil negera (ASN) (Foto: iNews/Tata Rahmanta)

Perlu diketahui, ASN yang ingin mengajukan mutasi khususnya guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis bukan jabatan staf teknis semua mengacu kepada Peraturan Wali Kota Palangka Raya Nomor 26 Tahun 2018 tentang petunjuk teknis mutasi PNS Pemko dan Peraturan Kepala BKN nomor 5 tahun 2019 tentang usul mutasi PNS. 

Bila mengacu pada perwali tersebut maka ada berbagai syarat teknis. Seperti adanya surat permohonan dari yang bersangkutan, ada surat persetujuan dari kepala dinas/badan tempat semula bekerja dan tujuan.

Serta hasil analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK), ketersediaan formasi hingga surat pernyataan bebas hukuman disiplin. 

Sekadar diketahui Santosa, untuk mutasi masuk ke lingkungan Pemko Palangka Raya dari daerah lain, maka akan memiliki persyaratan yang lebih banyak lagi, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh BKN.

Mulai dari Anjab dan ABK, surat bebas temuan yang dikeluarkan oleh inspektorat daerah asal, persetujuan kepala daerah dan memperhatikan asesmen dari BKPSDM. 

"Kami memiliki sistem mengawasi PNS atau asesmen dan melalui wawancara mutasi ASN. Kemudian seleksi kami laksanakan. Kita dapat menerima ASN dari daerah lain, usai lulus asesmen dan wawancara serta ketentuan lain, sehingga didapatkan kualifikasi ASN yang dibutuhkan,” tuturnya.

Editor : Nani Suherni

Bagikan Artikel: