Gegara Pandemi Covid-19, Sidang Eks Ketua KPU Banjarmasin terkait Kasus Asusila Ditunda

Antara ยท Jumat, 05 Juni 2020 - 19:03 WIB
Gegara Pandemi Covid-19, Sidang Eks Ketua KPU Banjarmasin terkait Kasus Asusila Ditunda
Ilustrasi pencabulan anak. (Foto: Istimewa)

BANJARBARU, iNews.id - Sidang kasus asusila yang menjerat mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin berinisial GM ditunda. Penundaan sidang tersebut akibat pandemi Covid-19.

"Sembari melihat perkembangan situasi ke depan, sehingga berkas tersangka yang sudah rampung belum kami limpahkan ke pengadilan," kata Kasi Pidum Kejari Banjarbaru Budi Muklish, Jumat (5/6/2020).

Menurut Budi, pihaknya masih berharap proses persidangan bisa digelar secara langsung dengan menghadirkan terdakwa di ruang sidang Pengadilan Negeri Banjarbaru. Sidang bisa digelar secara daring dengan terdakwa tetap berada di Lembaga Pemasyarakatan.

"Masa penahanan tersangka memasuki perpanjangan ketiga dan ini terakhir yang terhitung sejak 28 Mei 2020 lalu untuk 30 hari ke depan," kata dia.

Seperti diketahui, tersangka GM diduga melakukan tindak pidana pencabulan terhadap anak laki-laki di bawah umur pada 25 Desember 2019. Perbuatan tersebut dilakukan GM di dalam toilet sebuah hotel di Banjarbaru yang berujung laporan korban ke Polres Banjarbaru.

Pelaku langsung dipecat dari jabatannya sebagai Ketua KPU Kota Banjarmasin karena terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu karena melakukan pencabulan terhadap sesama jenis yang juga anak di bawah umur.

Pemecatan GM terhitung sejak 4 Maret 2020 dalam sidang yang digelar Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) di Aula Polres Banjarbaru, Kalimantan Selatan.


Editor : Faieq Hidayat