Cegah Kriminalitas di Perairan, Polair Banjarmasin Tingkatkan Patroli

Antara ยท Senin, 22 Juni 2020 - 10:05 WIB
Cegah Kriminalitas di Perairan, Polair Banjarmasin Tingkatkan Patroli
Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banjarmasin. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Banjarmasin terus meningkatkan patroli perairan di Sungai Barita dan Sungai Martapura, Kalimantan Selatan. Tujuannya mencegah gangguan keamanan dan kriminal di wilayah itu.

"Setiap hari anggota kami melakukan patroli di kawasan perairan yang menjadi wilayah hukum Satpolair Polresta Banjarmasin," ucap Kasat Polair Polresta Banjarmasin Kompol John Louis Letedara di Banjarmasin, Minggu (22/6/2020).

Dia mengatakan, peningkatan patroli ini sebagai bentuk penguatan Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) yang optimal guna mencegah terjadi gangguan Kamtibmas di kawasan perairan.

Patroli itu dilakukan anggota Polair pada pagi, siang, malam hingga dini hari dan setiap kegiatan yang mencurigakan langsung dilakukan pemeriksaan.

"Kapal-kapal atau transportasi air maupun feri penyeberangan kami lakukan pemeriksaan guna menekan tingkat kriminalitas di perairan," ujar alumni Akpol 2006 itu.

Selain itu, menurut dia peningkatan patroli juga dilakukan personel untuk menyambangi masyarakat dan nelayan yang sedang berada di perairan Sungai Martapura dan Sungai Barito.

Dalam kesempatan itu polisi berseragam biru menyampaikan edukasi terkait virus corona atau Covid-19 tentang pelaksanaan protokol kesehatan. Langkah itu untuk memutus mata rantai penularan virus corona di Kota Banjarmasin.

Isi dari protokol kesehatan itu di antaranya tetap memakai masker saat berada di luar rumah, tetap menjaga jarak fisik dengan orang lain, mencuci tangan dan selalu membawa hand sanitizer.

"Sampai saat ini selama dilakukan peningkatan patroli di perairan Sungai Barito dan Sungai Martapura situasi dalam keadaan aman dan kondusif," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat