Cegah Kerumunan, Banjarmasin Tiadakan Pawai Malam Takbiran

Antara · Rabu, 12 Mei 2021 - 17:02:00 WITA
Cegah Kerumunan, Banjarmasin Tiadakan Pawai Malam Takbiran
Kemeriahan pawai malam takbiran di Banjarmasin sebelum pandemi Covid-19. Foto: Antara

BANJARMASIN, iNews.id - Budaya pawai malam takbiran Hari Raya Idul Fitri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) ditiadakan. Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin meminta warga untuk di rumah saja untuk mencegah terjadinya kerumunan yang bisa membawa dampak melonjaknya kasus positif Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Ikhsan Al-Haq, mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan sesuai dengan surat edaran Pemkot Banjarmasin tertanggal 10 Mei 2021 tentang penutupan sementara tempat wisata. Kebijakan ini selaras pula dengan instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

"Ini jadi khazanah kebudayaan di daerah kita, tapi karena pandemi Covid-19 ini, semua harus menghindari kerumunan. Maka ditetapkan tidak digelar sementara," kata Ikhsan, di Banjarmasin, Selasa (12/5/2021) malam.

Pawai malam takbiran menjadi agenda pariwisata Kota Banjarmasin, hingga dibuat semeriah mungkin untuk menarik wisata. Kegiatan tahunan ini biasa melibatkan banyak kelompok masyarakat dari berbagai kecamatan yang menghiasi kendaraannya dengan penuh lampu hias untuk berkeliling kota menyerukan kata takbir hari kemenangan.

"Tidak ada acara pawai malam takbiran tahun ini. Semua di rumah saja," ujar Ikhsan.

Menurut dia, pandemi Covid-19 yang penularannya masih tinggi di daerah ini hingga Pemkot Banjarmasih harus mengeluarkan kebijakan untuk menghindari potensi kerumunan massa. Dia mengajak masyarakat melaksanakan kebijakan ini agar pandemi segera berlalu.

"Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir, hingga Idul Fitri akan datang dapat kita gelar lagi. Sementara ini semua harus sabar," ucapnya.

Editor : Erwin Sihombing