BPBD Sebut Banjir Rob di 4 Wilayah Banjarmasin Sudah Surut

Antara ยท Kamis, 18 November 2021 - 11:50:00 WITA
BPBD Sebut Banjir Rob di 4 Wilayah Banjarmasin Sudah Surut
Wilayah banjir rob di Banjarmasin. (Foto: Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - BPBD Banjarmasin menyebut tidak terjadi lagi rob di lokasi rawan banjir. Kondisi di beberapa lokasi sudah normal sejak Selasa (16/11/2021) malam.

Kepala BPBD Banjarmasin, Fahruraji mengatakan, ada empat wilayah rawan yakni Banjarmasin Barat, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Tengah dan sebagainya wilayah di Banjarmasin Utara yang rawat terdampak banjir rob.

"Alhamdulillah sejak kemarin malam sudah normal (tidak banjir air pasang lagi)," ujarnya di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (17/11/2021).

Fenomena air pasang tinggi masuk ke sungai Banjarmasin ini akibat La-Nina, hingga luapan air sungai mengakibatkan genangan di mana-mana, bahkan sampai 50 cm.

"Memang kondisi air pasang di daerah kita ini adalah hal yang biasa, kebetulan kemarin itu lebih tinggi akibat La-Nina, ditambah cuaca yang terus hujan," katanya.

Menurut dia, terjadinya air pasang atau banjir rob ini hanya beberapa jam, kemudian surut lagi, hingga tidak sampai membuat warga harus mengungsi.

"Terjadinya sekitar tengah malam, sekitar pukul 24.00 WITA, hingga tiga jam lah, setelah itu surut lagi," ujarnya.

Meski kondisi sudah normal ini, kata dia, Pemkot Banjarmasin tetap meminta masyarakat terus waspada, karenanya status siaga bencana banjir, air pasang dan angin topan di daerah ini tidak dicabut.

Apalagi, kata dia, sejumlah daerah di provinsi ini, seperti di Hulu Sungai Tengah (HST) mengalami banjir parah, hingga tidak menuntut kemungkinan bisa terjadi ke daerah ini, karena cuaca tidak menentu.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: