BPBD Banjarmasin Ingatkan Warga Waspadai Air Pasang Berpotensi Sebabkan Banjir

Antara ยท Rabu, 05 Mei 2021 - 10:54:00 WITA
BPBD Banjarmasin Ingatkan Warga Waspadai Air Pasang Berpotensi Sebabkan Banjir
Ilustrasi air pasang

BANJARMASIN, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengingatkan masyarakat  mewaspadai air pasang tinggi karena berpotensi menyebabkan banjir. Air pasang yang terjadi seminggu ini, puncaknya diprediksi pada 6 Mei 2021.

Plt Kepala BPBD Kota Banjarmasin Edy Wibowo mengatakan, genangan sudah terlihat di jalan Lambung Mangkurat dan di daerah pinggiran sungai, menyiapkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

"Yang jelas kita siaga dan waspada. Baik kesiapan tenaga di BPBD dan peralatan. Serta selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan pimpinan daerah," ujar Edy.

Dia menyebutkan dari pantauan di lapangan dalam minggu ini, air pasang tinggi hingga menimbulkan genangan masih dalam kondisi tidak mengkhawatirkan.

Namun demikian, kata Edy, tidak bisa dianggap biasa saja, sebab kondisi ini diprediksi akan ada puncaknya lebih tinggi lagi air pasangnya yang berpotensi menimbulkan banjir yang lebih tinggi.

Sebab, tutur Edy, Kota Banjarmasin memiliki dataran rendah di bawah permukaan laut, hingga mudah tergenang jika terjadi air sungai pasang.

"Makanya kita harus waspada segala kemungkinan yang terjadi, Kepada masyarakat kita minta juga tingkatkan waspada dan menjaga, memperhatikan lingkungan serta berkoordinasi ke posko BPBD jika ada hal yang sudah mulai mengkhawatirkan," kata Edy.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: