Bisa Jadi Ladang Judi, Kegiatan E-Sports di Kalsel Butuh Regulasi

Nani Suherni ยท Selasa, 29 Juni 2021 - 14:00:00 WITA
Bisa Jadi Ladang Judi, Kegiatan E-Sports di Kalsel Butuh Regulasi
Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin meminta agar pemerintah membuat regulasi soal e-Sport . (Foto: MC Kalsel/ist)

BANJARMASIN, iNews.id - DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong pengawasan turnamen e-Sports melalui regulasi hukum yang jelas. Hal ini untuk menghindarkan generasi muda dari praktik judi.

“E-Sports harus ditata dan diawasi, demi perlindungan bagi generasi muda dan peningkatan pendapatan daerah serta setiap clan (kelompok) harus di bawah payung hukum perusahaan sebagai pelindung,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin, dikutip dari portal resmi Pemprov Kalsel, Selasa (28/6/2021).

Lutfi menekankan perlunya regulasi yang mewajibkan setiap penyelenggara turnamen untuk meminta rekomendasi kepada Pengcab e-Sports sebagai pengawas. Hal ini agar kegiatan tersebut tidak dianggap ilegal.

Selain itu, Lutfi juga berpesan agar pelaku e-Sports lebih berhati-hati dan tidak mengikuti turnamen yang disponsori oleh judi online. Hal tersebut berdampak buruk pada pengembangan e-Sports di Kalsel.

“Jangan sampai memperkenalkan perjudian online kepada generasi muda dan ini bisa menjadikan perkembangan yang buruk terhadap dunia e-Sports di Kalsel," kata Lutfi. 

Editor : Nani Suherni