Belajar Online Dikeluhkan, Fraksi PKB DPRD Kalsel Desak Pemda Sediakan Warnet Gratis

Zainal Hakim ยท Kamis, 23 Juli 2020 - 17:01 WIB
Belajar Online Dikeluhkan, Fraksi PKB DPRD Kalsel Desak Pemda Sediakan Warnet Gratis
Ilustrasi belajar online. (Foto: SINDO).

BANJARMASIN, iNews.id - Fraksi PKB DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mendesak pemerintah daerah (Pemda) agar dapat menyiapkan sarana dan prasarana belajar secara online, yakni berupa warnet gratis. Desakan ini sebagai bentuk respons PKB menyikapi keluhan masyarakat menengah ke bawah yang terdampak pandemi Covid-19.

“Tidak semua siswa punya gadget. Kalaupun ada, beli kuotanya lagi memberatkan. Mending sediakan warung internet gratis bagi siswa kurang mampu,” kata Ketua Fraksi PKB DPRD Kalsel, Hormansyah usai peringatan Harlah ke 22 PKB, Kamis (23/7/2020) di Banjarmasin.

Menurutnya, PKB akan mengusulkan baik melalui komisi di DPRD Kalsel yang menangani pendidikan maupun unsur pimpinan, kepada pemerintahan provinsi dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kalsel.

“Kami prihatin dengan kondisi pendidikan di Kalsel selama pandemi. Jika dibiarkan berlarut-larut, dikhawatirkan kualitas SDM ke depan menurun,” kata Horman.

Meski sebelumnya Komisi IV yang membidangi pendidikan juga sudah mengusulkan layanan internet gratis kepada TGTPP Kalsel, pihaknya tetap akan berupaya memperjuangkan keinginan masyarakat. Mengingat hingga saat ini usulan tersebut belum terealisasi.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, M Yusuf Efendie menjelaskan, sesuai edaran Mendiknas RI dan Gubernur Kalsel, sistem proses belajar mengajar dilaksanakan di rumah dengan metode online (daring), guru berkunjung ke rumah siswa, atau dengan memberikan modul.

“Artinya banyak opsi yang bisa dilakukan sekolah untuk menjawab keluhan orang tua siswa yang tidak memiliki gawai,” katanya.


Editor : Abay Fadillah Akbar