BBPD Tetapkan Status Tanggap Darurat Air Pasang di Banjarmasin

Antara ยท Minggu, 14 Februari 2021 - 11:10:00 WITA
BBPD Tetapkan Status Tanggap Darurat Air Pasang di Banjarmasin
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina saat memantau banjir di Jalan A Yani. (Foto: Humas Pemkot Banjarmasin)

BANJARMASIN, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin menetapkan status tanggap darurat air pasang. Kondisi tersebut berpotensi menyebabkan banjir susulan di wilayah tersebut.

Plt BPBD Banjarmasin, Budian Noor mengatakan, saat ini air pasang masih tinggi hingga membuat sungai meluap yang menimbulkan genangan yang berpotensi membuat banjir susulan.

"Permukiman di pesisir sungai merasakan adanya kenaikan air di lingkungan mereka saat malam hari," kata Budian di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Sabtu (13/2/2021).

Adapun wilayah terdampak di antaranya Kelurahan Surgi Mufti dan Sungai Jingah di Banjarmasin Utara. Saat air pasang, lingkungan permukiman warga bisa sampai tergenang air sekisar 5-10 sentimeter.

Begitu juga di wilayah Banjarmasin Timur yang sebelumnya mengalami banjir cukup parah sejak pertengahan bulan awal tahun, belum kering tergenang air. Karena air pasang juga masuk ke sungai-sungai di daerah itu.

"Seperti di daerah Sungai Lulut dan sebagian di Simpang Limau Ujung," katanya.

Karena kondisi tersebut Banjarmasin masih menetapkan status tanggap darurat banjir dan air pasang hingga 14 hari, mulai 9 Februari lalu.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Bagikan Artikel: