Bantu Petani Terdampak Banjir di Balangan, Pemprov Kalsel Salurkan 5 Ton Benih Padi dan Jagung

Antara · Kamis, 11 Februari 2021 - 19:25:00 WITA
Bantu Petani Terdampak Banjir di Balangan, Pemprov Kalsel Salurkan 5 Ton Benih Padi dan Jagung
Penyerahan bantuan bibit padi dan jagung di Kabupaten Balangan. (Foto: Antara)

PARINGIN, iNews.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) salurkan bantuan benih padi dan jagung kepada petani di Kabupaten Balangan yang terdampak banjir. Pemprov Kalsel berupaya membantu para petani karena sawah dan perkebunan mereka terendam banjir dan gagal panen.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan, bantuan berupa bibit padi dan jagung ini berasal dari APBD Provinsi Kalsel. Total bantuan mencapai lima ton. 

“Dari data, terdapat sekitar 200 hektare lahan pertanian di Balangan yang terdampak banjir yang mengakibatkan para petani kehilangan bahan pangan sekitar 800 ton,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Di tempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Desa Teluk Karya, Kecamatan Lampihong Rojani mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah provinsi. Dia mengaku, selama berapa tahun terakhir, petani di wilayah tersebut selalu panen, tapi tidak untuk saat ini. 

"Sebelumnya selama beberapa tahun terakhir petani di desa kami selalu dapat panen, hanya tahun ini kami gagal panen,” katanya, 

Dia menjelaskan, gagal panen diakibatkan banjir sehingga bibit benih menjadi busuk dan tidak layak digunakan.

Editor : Umaya Khusniah