Banjir Landa Tanah Bumbu akibat Curah Hujan Tinggi, 127 KK Terdampak

Antara · Sabtu, 21 Agustus 2021 - 15:40:00 WITA
Banjir Landa Tanah Bumbu akibat Curah Hujan Tinggi, 127 KK Terdampak
Banjir yang merendam rumah warga di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. (Foto: Antara)

TANAH BUMBU, iNews.id - Banjir melanda Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, sejak Jumat hingga Sabtu (21/8/2021). Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, banjir merendam 127 rumah di empat desa yang ada di Kecamatan Kusan Hulu.

"Curah hujan yang tinggi memicu banjir yang terjadi pada Jumat," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari di Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Abdul menjelaskan, sebanyak 127 KK atau 264 jiwa terdampak banjir tersebut. Banjir telah merendam empat desa yang berada di Kecamatan Kusan Hulu. Seperti di Desa Bakarangan, Manuntung, Sungai Rukam dan Desa Lasung.

Selain itu, banjir ini juga mengakibatkan satu tanggul penahan saluran air jebol.

Merespons hal ini, BPBD Tanah Bumbu bersama tim gabungan dan masyarakat segera berupaya menutup dengan menempatkan beberapa karung berisi tanah. Upaya ini dilakukan untuk membendung air agar tidak masuk ke pemukiman warga.

BPBD juga mengirimkan tim reaksi cepat (TRC) untuk mengevakuasi warga ke tempat yang aman, serta pendataan di lokasi terdampak. Di samping itu, BPBD mendistribusikan bantuan makanan kepada warga.

"Penanganan banjir di empat desa telah dilakukan di bawah koordinasi pos komando yang lokasinya berada di Kecamatan Kusan Hulu," katanya.

Berdasarkan analisis inaRISK, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Sedikitnya 10 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu memiliki potensi banjir.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: