Bakamla dan BNPB Akan Operasi Cegah Tangkal Covid-19 di Pulau Terpencil

Riezky Maulana ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 13:03:00 WITA
Bakamla dan BNPB Akan Operasi Cegah Tangkal Covid-19 di Pulau Terpencil
Kepala Bakamla, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia. (Foto Ist).

JAKARTA, iNews.id - Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan menggelar operasi cegah tangkal Covid-19 di pulau-pulau terpencil. Kegiatan itu akan melaksanakan rapid test di pulau.

"Dalam waktu dekat saya akan melaksanakan operasi cegah tangkal yaitu membantu BNPB untuk mengunjungi pulau-pulau yang memang mungkin belum tersentuh pengecekan Covid-19. Sebagai contohnya rapid test," kata Kepala Bakamla, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia di kantor Kementerian Koordinator Bidang Hukum Politik dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Aan mengatakan operasi cegah tangkal dibagi tiga zona, yakni barat, tengah, dan timur. Selain membantu proses pemeriksaan Covid-19, Bakamla juga turut membagikan bantuan sosial (Bansos).

"Kita ada tiga zona ya sesuai dengan zona yang ada di Bakamla, yaitu zona barat, tengah, dan timur. Di setiap zona minimal ada tiga spot yang nanti kita datangi, yang kita hadir di sana. Tentunya nanti ada juga bakti sosial juga," ucapnya.

Dia memastikan, pembagian tiga zona di atas bukan atas penentuan wilayah rawan terkait covid-19 yang ditentukan oleh BNPB. Melainkan, sesuai dengan kondisi armada yang ada di Bakamla.

"Tidak ada kaitannya zona itu dengan zona (penyebaran) covid-19," ucapnya.

Editor : Faieq Hidayat