67 Kampung Tangguh Tanggap Covid-19 Berdiri di Kalsel

Antara ยท Rabu, 17 Juni 2020 - 17:03 WIB
67 Kampung Tangguh Tanggap Covid-19 Berdiri di Kalsel
Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta menebar benih ikan. (Foto Antara).

BANJARMASIN, iNews.id - Sebanyak 67 Kampung Tangguh Tanggap COVID-19 berdiri di Provinsi Kalimantan Selatan. Jumlah tersebut tersebar di 13 kabupaten dan kota dalam upaya memproteksi wilayah setingkat RT dan RW terbebas dari virus corona.

"Kami apresiasi atas terbangunnya Kampung Tangguh, diharapkan akan semakin bertambah terus pada setiap lingkungan penduduk pada ruang terkecil," ucap Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta di Banjarmasin, Rabu (17/6/2020).

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi lima Kampung Tangguh Banua atau Kampung Sehat Banua yang sudah berdiri di Banjarmasin. Dalam kesempatan itu, Irjen Nico bersama Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dan Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto, mengecek protokol kesehatan yang telah diterapkan warga.

Nico menilai, Kampung Tangguh Banua sudah sangat bagus. Dimana berisi petugas gabungan pemerintah daerah, TNI-Polri serta petugas kesehatan dan relawan.

Protokol kesehatan pun ditegakkan secara disiplin, seperti penyediaan tempat cuci tangan, kewajiban memakai masker hingga penerapan jam malam dan rumah karantina.

"Jadi ada posko semacam Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK). Setiap warga luar yang masuk juga diperiksa suhu tubuh dan ditanya keperluannya. Jika tak menggunakan masker mereka larang untuk masuk kampung. Ini sangat bagus dan kami apresiasi," katanya.

Nico pun meminta Bhabinkamtibmas bersama Babinsa terus aktif mengomando warga binaannya. Sehingga dipastikan penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19 berjalan sesuai harapan.

"Kapolsek bisa melaporkan secara berkala evaluasi setiap minggunya. Misalnya ada warga yang terpapar atau masuk rumah karantina. Pastikan juga warga yang terdampak dapat bantuan melalui gotong royong warga seperti pendirian dapur umum. Jika diperlukan, Polda Kalsel juga siap membantu," ujar dia.

Adapun lima Kampung Tangguh Banua yang sudah menjadi percontohan di Banjarmasin tersebut, yakni Gang Budaya Kelurahan Telawang, Jalan Batu Benawa di Kelurahan Teluk Dalam, Jalan Garuda Kelurahan Basirih Selatan, Jalan Jeruk Purut Kelurahan Sungai Andai serta Kelurahan Banua Anyar Banjarmasin Timur.


Editor : Faieq Hidayat