6 Kelurahan di Banjarmasin Zona Merah Covid-19

Antara ยท Kamis, 10 September 2020 - 10:27 WITA
6 Kelurahan di Banjarmasin Zona Merah Covid-19
Ilustrasi. (foto: ist).

BANJARMASIN, iNews.id - Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan memastikan tidak mengendorkan kewaspadaan terhadap penularan virus corona, meski 37 kelurahan sudah zona hijau atau tidak ada lagi penambahan kasus. Kini 6 kelurahan berstatus zona merah dari 52 kelurahan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan dari 52 kelurahan, sembilan kelurahan sudah beralih ke zona kuning. Namun tidak merinci nama-nama kelurahan tersebut.

"Merahnya sudah berkurang, kuning yang semakin banyak, cuma keadaan begini bisa saja nanti berubah arahnya bisa bertambah lagi. Ini sangat tergantung dengan perilaku masyarakat kita untuk mentaati protokol kesehatan," ujarnya di Banjarmasin, Rabu (9/9/2020).

Menurut dia pihaknya perlu mengedukasi masyarakat terus agar tidak henti dan jangan sampai bosan disiplin dalam memakai masker, jaga jarak dan cucu tangan pakai sabun.

"Kita berharap bisa mempertahankan zonasi yang sudah membaik saat ini tidak lagi menjadi merah semuanya," kata dia.

Dia pun menyatakan, Peraturan Wali Kota (Perwali) nomor 68 tentang tentang penegakan hukum protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 akan diterapkan secara ketat. Sebab upaya ini yang bisa menekan angka penularan lebih tinggi.

Pemkot Banjarmasin menargetkan pada Oktober penularan Covid-19 sudah bisa dikendalikan. "Tapi peran serta masyarakat dalam menggelorakan pencegahan Covid-19 harus terus dilaksanakan, jangan sampai kendor sedikit pun," ujarnya.


Editor : Faieq Hidayat