119 Warga Hulu Sungai Selatan Terima Kartu Prakerja

Antara · Rabu, 20 Mei 2020 - 18:50:00 WITA
119 Warga Hulu Sungai Selatan Terima Kartu Prakerja
Kartu Prakerja. (Foto Antara).

KANDANGAN, iNews.id - Bupati Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, H Achmad Fikry, menyerahkan kartu prakerja, anjungan tunai mandiri (ATM) dan buku tabungan kepada 119 warga. Mereka lulus verifikasi untuk mengikuti pelatihan.

Peserta yang mendaftar program prakerja sebanyak 615 orang, namun 119 orang yang berhasil lulus verifikasi.

"Mereka yang lulus verifikasi berhak untuk mendapatkan kartu prakerja, berupa biaya pelatihan sebesar satu juta tetapi tidak bisa diuangkan, tapi hanya biaya pelatihan yang sesuai dipilih oleh para pencari kerja tersebut," kata Fikry di Kandangan, Rabu (20/5/2020).

Selain bantuan biaya pelatihan, dia menjelaskan peserta program prakerja juga mendapat bantuan insentif Rp600.000 sebanyak empat kali atau total Rp2,4 juta dalam empat bulan, dan biaya survei Rp150.000.

Berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, sampai gelombang ketiga, yang tidak berhasil lulus akan diverifikasi kembali untuk gelombang berikutnya. "Mudah-mudahan melalui program ini di tengah pandemi Covid-19, ekonomi masyarakat lemah bisa kembali bangkit," katanya.

Bupati menambahkan dalam rangka mengatasi dampak dari Covid-19, salah satunya adalah program pra kerja. Pihaknya mengaku senang Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Hulu Sungai Selatan telah memfasilitasi warga terdampak Covid-19.

Dia berharap kepada 119 orang yang sudah mendapatkan kesempatan ini harus serius mengikuti semua pelatihan, karena akan terus dimonitor oleh pemerintah pusat.

"Ini sebuah kemajuan, di mana program pelatihan sesuai dengan potensi warga. Bagi mereka yang masih produktif dengan program prakerja. Sekarang peluang itu ada, jadi tinggal sampai sejauh mana masyarakat bisa memanfaatkannya," katanya.

Editor : Faieq Hidayat