Kondisi rumah warga terdampak angin puting beliung di Tanah Laut,Kalimantan Selatan. (Foto: iNews/Zulkifli Yunus)
Zulkifli Yunus

PELAIHARI, iNews.id - Angin puting beliung menerjang kawasan permukiman warga di Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Selasa (19/4/2022). Akibatnya, lima rumah terdampak, dua di antaranya rusak berat.

Peristiwa angin puting beliung ini terjadi di Desa Kurau pukul 11.00 WITA. Angin kencang melanda beberapa saat sebelum hujan deras mengguyur Kabupaten Tanah Laut dan sekitarnya.

Informasi dirangkum, empat rumah terdampak berada di Jalan Siam RT 11 Desa Kurau, Kecamatan Kurau milik Amanuddin, Aliansyah, Ahmadi dan Norhana. Kemudian satu rumah di RT 1 Jalan Kencana, Sungai Baras, Desa Kurau milik Siti Maryam.

Kondisi rumah Amanuddin rusak parah. Rumah yang dihuni lima orang itu bagian atapnya terbang dibawa angin. Sementara rumah Siti Maryam hanya tinggal lantai, dinding dan atap hilang. Kedua rumah yang rusak berat ini terbuat dari kayu. Kemudian tiga rumah lainnya mengalami kerusakan ringan akibat tertimpa atap terlepas dari rumah Amanuddin.

Camat Kurau Zulpuaddin saat dikonfirmasi membenarkan adanya musibah puting beliung yang membuat dua rumah warga rusak berat, tiga rusak ringan.

“Musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa dan sudah dilaporkan ke pihak terkait di Pelaihari,” kata Camat saat dikonfirmasi Selasa (19/4/2022) petang.

Menurutnya, saat ini bantuan sudah disalurkan Dinas Sosial dan Kepala Pelaksana BPBD setempat kepada warga korban bencana.

"Untuk warga bernama Amanuddin masih bertahan di rumahnya dengan memasang terpal. Sementara Siti Maryam terpaksa mengungsi ke rumah kerabat terdekat," katanya.


Editor : Donald Karouw

BERITA TERKAIT