Penumpang pesawat di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kalsel. (Foto Bandara Internasional Syamsudin Noor).

BANJARBARU, iNews.id – Jumlah penumpang Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan naik 77 persen pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Catatan tersebut mulai Juni hingga Juli 2020.

Sebanyak 42.983 penumpang tiba dan berangkat selama Juni 2020 dan meningkat menjadi 76.208 penumpang pada bulan berikutnya. Pergerakan pesawat juga mengalami peningkatan 44 persen pada periode yang sama dengan 894 movement pada Juni 2020, dan 1.291 movement pada Juli 2020.

Apabila dilakukan rata-rata, jumlah penumpang yang tiba dan berangkat dari Bandara Internasional Syamsudin Noor pada Juni 2020 yaitu 1.433 penumpang per hari. Jumlah tersebut meningkat pada Juli 2020 sebesar 2.458 penumpang per hari.

Jumlah penumpang pada Agustus 2020 sampai Sabtu (15/8/2020) meningkat mencapai 3.371 penumpang per hari.

“Seiring dengan perkembangan waktu, kondisi penerbangan di masa adaptasi kebiasaan baru semakin membaik. Kami juga melakukan penyesuaian jam operasional menjadi pukul 07.30 hingga 17.00 WITA mulai 30 Juli hingga 31 Agustus 2020 untuk mengakomodir para pengguna jasa,” ujar General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Amiruddin Florensius, Minggu (16/8/2020).

Data positif juga terlihat dari pergerakan kargo dengan total 1.863.555 kg di bulan Juni. Sementara pada Juli 2020 tercatat 1.963.623 kg atau tumbuh sebesar 5 persen.


Meski begitu, apabila dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya, pertumbuhan kargo pada bulan Juni 2019 dan Juni 2020 46 persen dari 1.278.666 kg menjadi 1.863.555 kg. Sementara pada Juli 2019 dan Juli 2020, peningkatan tercatat sebesar 9 persen dari 1.806.685 kg menjadi 1.963.623 kg.

Selama masa pandemi Covid-19, Bandara Internasional Syamsudin Noor menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan para pengguna jasa di bandara. Hal tersebut dilakukan dengan penerapan kawasan wajib masker, physical distancing, penggunaan APD untuk petugas bandara, dan pengecekan suhu tubuh.

Selain itu dilakukan pembersihan dan desinfeksi fasilitas-fasilitas bandara, terutama yang sering disentuh oleh para pengguna jasa, dan penyediaan hand sanitizer di area publik. Mengurangi kontak antara para petugas dan penumpang jdengan menghadirkan layanan pemeriksaan boarding pass mandiri di gedung terminal.

“Kami menerapkan protokol kesehatan dalam pelayanan di kawasan bandara untuk dapat mencegah penularan Covid-19. Dengan begitu kami harap seluruh pengguna jasa bandara dapat melakukan aktivitas di bandara dengan aman dan nyaman," kata Amiruddin.


Editor : Faieq Hidayat

BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network